- Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan - Kerja Sama

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan

Kerja Sama Print E-mail
Wednesday, 04 February 2009

UII dan TZW Jerman siapkan MoU 

TZW, sebuah lembaga Riset Jerman yang bermarkas di Kota Karlsruhe, Jerman bermaksud menindaklanjuti kerjasama yang sudah dilaksanakan selama ini dengan Jurusan Teknik Lingkungan FTSP UII dalam bentuk MoU. Kerjasama ini meliputi koleksi dan analisa data kualitas air; analisa water treatment yang cocok; pengembangan kapasitas personil khususnya PDAM; riset dan studi keairan secara umum; serta kemungkinan pertukaran tenaga ahli dan tenaga laboran dari Jerman ke Indonesia dan atau sebaliknya dari Indonesia ke Jerman. 

Tindak lanjut kerjasama yang akan berlangsung selama sekitar 3 tahun ini diwujudkan dengan kunjungan Direktur TZW, Prof. Dr. Wolfgang Kuhn ke UII pada hari Senin,19 Januari 2009. Dr.-Ing. Ir. Widodo Brontowiyono, MSc, yang turut mendampingi Direktur TZW tersebut menjelaskan bahwa program peningkatan kapasitas personil PDAM sudah mulai dilakukan beberapa waktu lalu.   

Kunjungan pertama di Jurusan Teknik Lingkungan dan laboratorium Kualitas Lingkungan, kemudian Kuhn diterima oleh Dekan FTSP Dr. Ir. Ruzardi, MS.  Dalam pertemuan tersebut Ruzardi mengungkapkan harapannya agar tindak lanjut dari kerjasama ini sampai kepada penulisan dalam jurnal ilmiah internasional, disamping itu juga dapat memberikan tambahan keilmuan bagi dosen prodi Teknik Lingkungan. 

Prof. Kuhn mengungkapkan rasa terima kasih pada UII karena telah membantu TZW dalam menganalisis sampel di laboratorium UII. “Kalau tidak dibantu UII, maka analisa labnya dilakukan di Jerman, itu berarti akan sangat mahal dan tidak efisien”, kata Kuhn.  (Renny)

 
< Prev   Next >