- Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan - Profile

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan

Profile Print E-mail
Thursday, 17 April 2008

Profil

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

 

Selamat datang dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia. Saat ini Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII memiliki tiga program studi strata-1 yaitu Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Arsitektur dan Program Studi Teknik Lingkungan, serta Program Magister Teknik Sipil. Kampus FTSP UII adalah lingkungan yang memadukan kenyamanan lingkungan dan suasana akademik yang baik. Fasilitas akademik dan kemahasiswaan tersedia dengan baik di lingkungan kampus ini. Dana hibah lebih dari 11 milyar yang diterima Jurusan Teknik Lingkungan, Teknik Sipil dan Arsitektur pada saat ini memungkinkan FTSP untuk menyelenggarakan berbagai program pengembangan ilmu dan fasilitas akademik secara terpadu dan berkesinambungan. Lebih dari 9.000 judul buku yang tersedia menjadikan perpustakaan FTSP berada di antara yang terbaik di Yogyakarta. Penerapan sistem manajemen mutu yang konsisten menjadikan proses-proses akademik di FTSP UII terencana dan terjamin pelaksanaannya. Keberadaan laboratorium di masing-masing program studi mendukukung pembelajaran dan pengembangan keilmuan yang komprehensif.  

PERKEMBANGAN

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) didirikan dengan nama Fakultas Teknik Sipil pada tahun tanggal 12 Oktober 1964, dengan satu program studi yakni Teknik Sipil. Pada tahun 1985 Fakultas ini digabungkan dengan Fakultas Teknologi Industri dan Teknologi Tekstil menjadi Fakultas Teknik. Pada tahun 1987 program studi Arsitektur dibuka diikuti Program Studi Teknik Lingkungan pada tahun 1999. Pada tahun 1993 program studi Teknologi Industri dan Tekstil dikembangkan menjadi Fakultas Teknologi Industri sedangan Fakultas Teknik menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Dengan tiga program studi tersebut saat ini FTSP telah meluluskan lebih dari 5.400 alumni di berbagai penjuru tanah air dan mancanegara.


LANDASAN 

Visi Universitas Islam Indonesia : Terwujudnya Universitas Islam Indonesia sebagai : Rahmatan lil’alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan (keunggulan), risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah (pasal 7 ayat 1 statuta UII 2005)  

Misi Universitas Islam Indonesia : Menegakkan wahyu Ilahi dan sunnah Nabi sebagai sumber kebenaran abadi yang membawa rahmat bagi alam semesta melalui pengembangan dan penyebaran ilmu, teknologi, budaya dan seni yang berjiwa Islam, dalam rangka membentuk cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang bertaqwa dan berakhlaq mulia, yang mempunyai keunggulan dalam keilmuan ke-islaman, kepemimpinan, keahlian profesional dan kemandirian, berilmu amaliah dan beramal ilmiah (pasal 7 ayat 2 Statuta UII 2005)

 

Tujuan Universitas Islam Indonesia.

1.Membentuk cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat, menguasai ilmu keislaman dan mampu menerapkan nilai-nilai Islam serta berdaya saing tinggi.

2.Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni yang berjiwa Islam.

3. Turut serta membangun masyarakat dan negara Republik Indonesia yang adil dan makmur serta mendapat ridha Allah SWT.

4.  Mendalami, mengembangkan dan menyebarluaskan pemahaman ajaran Islam untuk dihayati dan diamalkan oleh warga UII dan masyarakat.(pasal 8 Statuta UII 2005)

 

VISI FTSP : Mampu bersaing di arena nasional dan internasional dalam kerangka keislaman, keilmuan dan ke indonesiaan.


MISI FTSP:

1.Memberikan bekal pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran Islam sehingga menjadi insan yang berakhlaq mulia.

2.Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran yang mampu memberikan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi secara handal kepada lulusannya.

3.Menghidupkan tradisi pengembangan iptek  serta menyebarluaskan untuk kepentingan/kesejahteraan masyarakat.

4.Memberikan pengetahuan sehingga lulusannya mampu menyesuaikan/mengaplikasikan ilmunya pada perkembangan kehidupan di masyarakat.



 TUJUAN FAKULTAS


a.Membangun FTSP yang handal, sehingga menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran secara baik. b.Membentuk FTSP yang mampu mengembangkan dan mengaplikasikan IPTEK untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat

c.Menghasilkan sarjana muslim yang bertaqwa, berakhlak, yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah. d.Menghasilkan lulusan yang memahami ilmu dasar dan ilmu dibidangnya, sehingga trampil dalam mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah yang ada dalam lingkup keahliannya.

e.Menghasilkan lulusan yang mampu merencanakan, merancang, dan menerapkan/melaksanakan desain/model/karya sesuai bidang keahliannya secara amanah, professional dan mampu memanfaatkan teknologi informasi.

f.Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan sikap kewirausahaan dan mampu bekerjasama dalam membingkai etika profesi Islami serta menumbuhkan sikap belajar sepanjang hayat.


AKREDITASI

Semua program studi di lingkungan FTSP UII telah terkreditasi berdasarkan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program Studi Teknik Sipil dan Arsitektur telah terakreditasi dengan peringkat A melalui keputusan BAN-PT No.: 280/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014 dan 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013, sedangkan Program Studi Teknik Lingkungan mendapat peringkat A dengan keputusan BAN-PT No.: 034/BAN-PT/Ak-XIV/S1/X/2011.



KURIKULUM DAN PENGAJAR

FTSP menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang menuju pada pengembangan kecakapan lulusan untuk menangani profesi terkait dan mampu untuk mengembangkan diri sehingga dapat memenangi persaingan. Kecakapan ini ditunjang oleh keterampilan berbasis komputer dan teknologi informasi untuk mengantipasi perkembangan ilmu dan teknologi. Keseluruhan proses pembelajaran di FTSP ditunjang oleh Sistem Manajemen Mutu sehingga kualitas proses tersebut dapat dijamin dan ditingkatkan. Untuk menjalankan dengan baik kurikulum tersebut FTSP didukung oleh lebih dari 70 staf pengajar tetap yang berkualifikasi doktor dan master baik dari dalam negri maupun luar negri (Inggris, Perancis, Jerman, Amerika Serikat, Kanada, Belanda, Selandia Baru, Turki, Malaysia dan Filipina) sehingga dapat mengembangkan pembelajaran dan penelitian yang berkualitas.    

 

FASILITAS Jaringan Wi-Fi (Wireless Fidelity) di Kampus FTSP memungkinkan koneksi Internet dan Intranet nir-kabel di seluruh kampus memungkinkan mahasiswa mengakses informasi yang paling mutakhir dan relevan. Perpustakaan FTSP yang memiliki sekitar 9.000 judul buku dan berbagai Jurnal ilmiah adalah sumber informasi yang handal sehingga seringkali dijadikan rujukan bahkan oleh mahasiswa dari luar UII. Pembelajaran e-Learning juga telah diterapkan untuk sebagian mata kuliah.  


PENGKAJIAN DAN PENELITIAN

Beberapa pusat penelitian di lingkungan FTSP menjadi ajang staf pengajar dan mahasiswa untuk mengembangkan keilmuan secara lebih komprehensif. Center for Earthquake Engineering, Dynamic Effects and Disaster Studies (CEEDEDS) dikembangkan oleh staf pengajar FTSP yang memiliki minat pada pengkajian bencana dan penanganan dampaknya. Dengan dukungan dari tenaga pengajar sekarang ini telah berdiri beberapa pusat studi lainnya.Pengembangan keilmuan dalam bidang transportasi dilakukan di Sentra Informasi dan Pengkajian Transportasi (SIPTRANS) baik secara teoretik maupun menanggapi isu-isu kontemporer dalam transportasi. Center for Tropical Architecture Studies (CTAS) mengembangkan kajian, eksperimentasi dan perancangan yang mempertimbangkan kondisi klimatologis tropika Nusantara, sedangkan Center for Tourism, Urban and  Human Settlement Studies (CENTOUSS) mengembangkan pengkajian dan perencanaan lingkungan binaan dalam berbagai skala. Pusat Studi Banjir dan Kekeringan (PUSBANKER) juga telah menunjukkan eksistensinya.Untuk mendorong penyebarluasan gagasan ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu terkait, FTSP memiliki Jurnal TEKNISIA yang telah terakreditasi secara nasional. Berbagai peneilitan aktif dikembangkan di oleh staf pengajar di lingkungan FTSP. Saat ini dua tim dari FTSP memenangi Riset Unggulan Terpadu yang merupakan hibah penelitian paling utama dari Menristek.


ORGANISASI Fakultas

Berpijak pada asas kompetensi akademik dan efisiensi maka manajemen pada level fakultas dipimpin oleh Dekan dan Wakil Dekan dengan fungsi manajemen akademik, administrasi umum, keuangan, kemahasiswaan, keagamaan dan kendali mutu di lingkungan fakultas; sedangkan Wakil Dekan membantu Dekan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemennya terutama yang berkaitan dengan fungsi administrasi umum, keuangan dan kendali mutu.  Fungsi-fungsi yang berkaitan langsung dengan kompetensi akademik dan pencapaiannya melalui proses belajar-mengajar ditangani oleh Program Studi yang dipimpin oleh Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi.   Kepengurusan di Teknik Sipil dan Perencanaan selengkapnya untuk periode 2010-2014 adalah sebagai berikut :  


PENGURUS FAKULTAS

TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

Dekan                       : Dr.-Ing. Widodo, M. Sc
Wakil Dekan               : Setya Winarno, ST, MT, Ph.D

PENGURUS PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL

Ketua Program Studi        : Miftahul Fauziah, ST, MT, Ph.D
Sekretaris Program Studi  : Berlian Kushari, ST, M. Eng

PENGURUS PROGRAM STUDI ARSITEKTUR

Ketua Program Studi        : Noor Cholis Idham, ST, M. Arch, Ph.D, IAI

Sekretaris Program Studi  : Ir. Rini Darmawati, MT.

PENGURUS PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

Ketua Program Studi        : Hudori, ST, MT
Sekretaris Program Studi   : Any Juliani, ST, M. Sc

PENGURUS PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL

Ketua Program               : Prof. Ir. Sarwidi, MSCE, Ph.D, IP-U
Sekretaris Program          : Ir. Tuti Sumarningsih, MT