- Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan - Delegasi FTSP UII Kantongi Harapan 2 Kompetition Indocement Awards 2016

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan

Delegasi FTSP UII Kantongi Harapan 2 Kompetition Indocement Awards 2016 Print E-mail
Monday, 14 November 2016

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/2/2.jpeg

Selasa hingga Jum’at (9-11 November) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) mengirimkan delegasinya guna mengikuti grand final Fabricated House Competition Awards 2016 yang diselenggarakan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk bertempat di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

Team FTSP UII dibawah pembimbing Dosen Teknik Sipil UII (Setya Winarno, ST., MT., Ph.D) yang sekaligus sebagai Wakil Dekan FTSP UII yang terdiri dari M.Irfan Marasabessy (13511274), Rakhmad Aji Prakosa (13511283), Rizki Budiman (13511270), Zahir Elfares Wasim (13511185), dan 1 (satu) dosen pembimbing,  dengan konsep rumahnya “BAITI JANNATI 2” (rumahku surgaku).   

M.Irfan Marasabessy selaku Ketua Team dengan reporter mengatakan bahwa, grand final Fabricated House Competition Awards 2016  ini terdiri dari 8 (delapan) finalis Perguruan Tinggi (PT) yang dinyatakan berhasil lolos seleksi dari sekitar 150 (seratus lima puluh) team PT se Indonesia yang mendaftar.  Perguruan Tinggi tersebut adalah Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Atmajaya Jogyakarta (UAJ), Universitas Maranatha Bandung, Universitas Lampung, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, serta Politeknik Negeri Bandung.

Kompetisi yang diselenggarakan kedua kalinya ini berkatagori STR Febricated House Competition (FHC) yaitu merancang rumah pabrikasi berbasis semen berkonsep open frame, dengan panel-panel dinding bersifat non-struktural.  Walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi mulai dari proses pembuatan/ pencetakan modelnya sampai waktu prakitan dilokasi lomba, namun Alhamdulillah bisa dilewati dengan baik. Saat finalis yang dilaksanakan secara ketat penilaiannya terdiri dari dokumen akhir, pengujian sambungan, presentasi, dan perakitan model rumah pabrikasi 1:2,5.

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_november_2016/2/1.jpeg

M.Irfan mengaku, atas jerih payahnya team FTSP UII “BAITI JANNATI 2” akhirnya cukup mengantongi harapan 2 (dua) dengan membawa pulang tropy dari Direktur Indocement dan uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah), yang sebelumnya juga telah mendapatkan  subsidi uang pembinaan pembuatan model beserta transport model ke Bogor dari pihak Panitia.  

Harapannya semoga ide dan gagasan mengenai rumah pabrikasi ini bisa lebih berkembang dan dan dapat diaplikasikan, mengingat akan kebutuhan rumah tinggal di Indonesia yang begitu besar, sehingga pemenuhan kebutuhan dengan rumah yang dapat dibangun dengan waktu cepat namun tetap kuat menjadi solusinya. Harapan juga UII dan mahasiswanya bisa menjadi bagian dalam pengembangan teknologi pra cetak ini kedepannya. Ungkap M.Irfan.

 
< Prev   Next >