- Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan - Prodi Teknik Sipil FTSP UII Divisitasi IABEE

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan

Prodi Teknik Sipil FTSP UII Divisitasi IABEE Print E-mail
Thursday, 15 December 2016

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_desember_2016/r1.jpg

Proses akreditasi suatu Program Studi (Prodi) pada prinsipnya dilakukan melalui pemeriksaan dokumen laporan evaluasi diri dan kunjungan terhadap sebagian atau semua butir yang tercantum dalam kriteria akreditasi . Enam bulan sudah terlewati Prodi Teknik Sipil FTSP UII mendapatkan akreditasi internasional dari  Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE), Jum’at (9 Desember) bertempat di Ruang Sidang Teknik Sipil Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Yogyakarta menerima visitasi dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), yang dibuka oleh Dekan FTSP UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc).

 

Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) didirikan oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang merupakan satu-satunya organisasi profesi tempat berhimpun insinyur yang melaksanakan penyelenggaraan keinsinyuran di Indonesia.

Di dalam Undang-Undang (UU) No 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran, Pasal 6 ayat (2) bahwa standar layanan insinyur ditetapkan oleh menteri yang membina keinsinyuran atas usul PII.  Hal ini menunjukkan pentingnya peran PII dalam menjamin kualitas pelayanan. Lulusan program studi teknik dan teknologi diarahkan untuk bekerja di bidang penyelenggaraan keinsinyuran, sehingga PII bertekad dan berkeinginan kuat untuk berpartisipasi dalam pembinaan mutu pendidikan tinggi bidang teknik dan teknologi secara berkelanjutan melalui pendirian lembaga akreditasi yang dikelola secara mandiri oleh satu lembaga yang dibentuk oleh PII. PII dipandang oleh Washington Accord sebagai Councils of Engineers (CE) atau Institutions of Professional Engineers (IPE).

Visitasi dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) berjalan dengan lancar dengan hasil yang menggembirakan, visitor yang hadir dari IABEE adalah Prof.Ir.Sudjarwadi, M.Eng.,Ph.D; Tjokorde Walmiki Samadhi, Ph.D; Ir.Widjojo Prakoso, M.Sc.,Ph.D; Haryo Dwito, M.Eng.,Ph.D serta dari team JABEE untuk menyaksikan. Sedangkan auditor terdiri dari Ketua Prodi Teknik Sipil (Miftahul Fauziah, Ph.D), Sekretaris Prodi Teknik Sipil (Ir.Berlian Kushari, M.Eng), dan didampingi team visitasi.

 
< Prev   Next >