- Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan - FTSP UII Selenggarakan Diskusi Nasional Akhir Tahun 2016

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan

FTSP UII Selenggarakan Diskusi Nasional Akhir Tahun 2016 Print E-mail
Thursday, 29 December 2016

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_desember_2016/9/img_1206.jpg

Diskusi Nasional Akhir tahun ini bertajub “Mendorong Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Profesi Insinyur dan Arsitek di Indonesia”, dengan narasumber Dr.Ir.Hj.Paristiyanti Nurwandani, MT (Direktur Jendral Kelembagaan IPTEK dan DIKTI, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi), Dr.Ir.H.Masriyanto, MT yang mewakili Direktur Bina Kompetensi dan Produktifitas Konstruksi, Direktur Jendral Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Dr.Ir.Amri AK, MM (Direktur Pengawasan Norma Keselamatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi), Prof.Dr.Ir.Rizal Z.Tomin (selaku pakar dan akademis), Ketua LPJKN, Ketua PII Nasional, Ketua IAI Nasional, dan Ketua Program Profesi Arsitektur (PPAr) FTSP UII (Ir.Ahmad Saifudin Mutaqi, MT), diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan Diskusi Nasional Akhir Tahun 2016 bekerjasama dengan LPJK Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bertempat di Auditorium Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Yogyakarta, Selasa (27 Desember).

 http://fcep.uii.ac.id/images/berita_desember_2016/9/dscf7559.jpg

Turut hadir dan menyampaikan sambutan Rektor UII (Dr.Ir.Harsoyo, M.Sc) dan Dekan FTSP UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc). Hadir  Wakil Rektor I (Ilya Fadjar Maharika, Ph.D.,IAI), Wakil Dekan FTSP (Setya Winarno, Ph.D), para Ketua dan Sekretaris Program Studi dilingkungan FTSP UII.

Diskusi dihadiri oleh Perguruan Tinggi (PT) Negeri maupun Swasta, LPJK se-Indonesia, para anggota Persatuan Arsitektur Indonesia (PII), para anggota Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI), segenap dosen dan mahasiswa FTSP UII tidak kurang dari 90 (sembilan puluh) peserta.

http://fcep.uii.ac.id/images/berita_desember_2016/9/dscf7556.jpg

Dalam sambutannya Rektor UII (Dr.Ir.Harsoyo, M.Sc) menegaskan bahwa Pengangguran di Indonesia sebanyak 11 %, kalau kualitas belum baik maka mari bersama sama diperbaiki kualitas kita. Hal ini dikarenakan kepercayaan terhadap produk dalam negeri masih rendah.

 http://fcep.uii.ac.id/images/berita_desember_2016/9/dscf7552.jpg

Sementara Dekan FTSP UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc) menuturkan Program Studi S1 FTSP UII semua Prodi sudah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional  Peguruan Tinggi (BAN-PT), dan sekarang FTSP menuju ke Akreditasi Internasional. Prodi Teknik Sipil sudah mendapatkan pengakuan Akreditasi Internasional dari Japan Acreditation Board for Engineering Education (JABEE), Prodi Arsitektur juga sudah diproses Akreditasi Internasionalnya dan tanggal 20 s/d 23 Nopember yang lalu divisitasi oleh Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) Insya Allah Pebruari 2017 surat pengakuannya secara resmi dari Korea diturunkan. Sedangkan Teknik Lingkungan baru saja di akreditasi Internasional oleh Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).

Sedangkan jumlah mahasiswa FTSP UII sampai saat ini sebanyak 3.185 mahasiswa dari jumlah mahasiswa seluruh UII sebanyak 24.203, yang terdiri dari 8.524 alumni Teknik Sipil. Artinya bahwa FTSP UII telah membantu kontribusi menyiapkan tenaga konstruksi paling tidak 70% hingga 80 % dari jumlah alumni.

 http://fcep.uii.ac.id/images/berita_desember_2016/9/img_1246.jpg

Selanjutnya kami berharap hasil rumusan diskusi Nasional ini dapat ditindaklanjuti pada tahun tahun berikutnya, tidak hanya berhenti sampai di kegiatan ini saja. Ungkapnya. 

 

 

 
< Prev   Next >