- Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan - Studium Generale AAI Genap 2016/2017, Dekan FTSP UII : Jadikan Gerakan Puasa Sunnah

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Struktur Hidro Beton Manajemen Konstruksi Geoteknik Transportasi Arsitektur Teknik Lingkungan

Studium Generale AAI Genap 2016/2017, Dekan FTSP UII : Jadikan Gerakan Puasa Sunnah Print E-mail
Monday, 20 March 2017

http://fcep.uii.ac.id/images/2017/maret/img_8450.jpg

Komitmen pada kesempurnaan dan risalah islamiyah di bidang dakwah Islamiyah  adalah  merupakan salah satu tujuan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Dalam implementasinya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII  menggelar  program Asistensi Agama Islam (AAI) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 pada semster Genap tahun ini. Menurut data yang ada di Administrasi Akademik  FTSP UII memiliki mahasiswa baru TA.2016/2017 sebanyak 419 mahasiswa yang saat ini Sabtu (19 Maret) mengikuti Studium General AAI didampingi 29 (dua puluh sembilan) muallim bertempat di Auditorium  Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta, yang dibuka oleh Dekan FTSP UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc).

http://fcep.uii.ac.id/images/2017/maret/img_8434.jpg

Program ini bermaksud untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan nilai nilai agama Islam serta karakter dalam beribadah dan berakhlak mulia yang bagian dari wajib. Asistensi Agama ini sangat penting, karena kemungkinan di Perguruan Tinggi lain kegiatan pembinaan dan pemdampingan keagamaan semacam ini tidak ada. Asistensi ini sangat menentukan perjalanan hidup kita, karena dengan adanya kegiatan semacam ini Insya Allah kita menjadi semakin alim, lebih sistemik, terarah hingga bisa menjadi insan yang lebih baik lagi.

Hasil pendampingan AAI ini akan lebih kelihatan dan terasa setelah lulus dari UII, bahwa AAI ini sangat penting sekali, sehingga AAI menjadi prasyarat untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam implementasi AAI ini, Dekan FTSP UII pun mengajak dan berharap untuk dijadikannya gerakan puasa sunnah Senin Kamis bagi para mahasiswa dilingkungan FTSP UII yang diikuti dengan gerakan buka puasa bersama di kampus.  

AAI juga yang bertujuan untuk membangun karakter pribadi Islami  seluruh mahasiswa FTSP UII guna mendapatkan ilmu ilmu duniawi dan ukhrawi, dan  memperbaiki diri sebagai insan Islami. Demikian dikatakan Dekan FTSP UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc) dalam sambutan Studium General AAI bagi mahasiswa baru semester genap tahun akademik 2016/2017. 

Sementara   Dr.Drs.Muntoha, M.Ag  selaku narasumber  menyampaikan tujuan diadakannya Asistensi Agama Islam di UII adalah membentuk insan ulil albab. Dalam Al Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 197, Allh SWT berfirman Berbekallah, dan Sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku Hai orang-orang yang berakal.

Kegiatan AAI di UII sifatnya wajib, yang dilakukan secara kelompok dan setiap kelompok dipandu oleh satu orang muallim diselenggarakan 12 kali tatap muka dalam satu semester, dan setiap akhir semester dilakukan ujian.   Jumlah kehadiran AAI sama sebagaimana seperti kuliah reguler jumlah kehadiran minimal 75% guna prasysrat mengikuti ujian. Sedangkan pelaksanaan diserahkan sepenuhnya oleh masing masing pendamping atau mu’allim.

 
< Prev   Next >