FTSP UII Terima Kunjungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Jum’at (16 Maret) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP Universitas Islam Indonesia menerima kunjungan studi banding dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang di Ruang Sidang Program Studi Arsitektur FTSP UII Gedung Mohammad Natsir Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua Program Studi Arsitektur  (Noor Cholis Idham, M.Ars., Ph.D., IAI), sebanyak 9 (sembilan) orang dosen berkunjung ke FTSP UII bermaksud untuk studi banding sekaligus membicarakan kolaborasi diantara kedua Perguruan tinggi di bidang keilmuan. Mewakili Pimpinan Fakultas,  Noor Cholis menyampaikan ungkapan terima kasih kepada rombongan yang telah bersilaturrahmi ke FTSP UII dengan harapan kunjungan ini merupakan persahabatan diantara keduanya untuk saling berkontribusi.

Selaku Ketua Program Studi(Prodi)  Arsitektur FTSP UII Noor Cholis menuturkan, Program  Studi Arsitektur sudah mendapatkan pengakuan akreditasi internasional dari Korean Architecture Accrediting Board (KAAB). Arsitektur UII memiliki program 5 (lima) tahun sesuai dengan standar internasional bahwa arsitektur itu harus lulus dalam waktu 5 (lima) tahun, dengan mekanisme 4 (empat) tahun menempuh sarjana 1 (satu) tahun menempuh profesi.  

Noor Cholis menambahkan menurut data semester kemarin, jumlah mahasiswa Arsitektur UII sebanyak 755 mahasiswa dan 18 mahasiswa profesi  yang diampu oleh 33 (tiga puluh tiga) dosen baik dari dosen Magister (S2) maupun dosen Doktor (S3) dengan ratio 1:23. Bila dibandingkan dari tahun ke tahun peminat pendaftar di Arsitektur UII pilihan 1 (pertama) begitu signifikan melonjak sangat banyak, namun demikian penerimaan calon mahasiswa yang diterima tetap dengan jumlah yang sama atau terbatas.  

Sedangkan sejarah kurikulum Arsitektur UII dari tahun 1987 hingga 2008 mengalami perkembangan yang sangat tajam, akhirnya di awal tahun 2013 mencanangkan kurikulum terbarunya dengan menginduk kurikulum internasional  Korean Architecture Accrediting Board (KAAB), hingga akhirnya pada tahun 2017 Arsitektur UII menyandang gelar akreditasi internasional dari KAAB.

Menyinggung tentang Internasional Program (IP), Noor Cholis membeberkan bahwa IP Arsitek UII saat ini terdiri dari 46 (empat puluh enam) mahasiswa yang terbagi menjadi 2 (dua) kelas, setiap kelas terdiri dari 22 hingga 25 mahasiswa. Sementara kolaborasi internasional mahasiswa Arsitektur UII yang telah dilakukan dengan negara Jepang, Korea, dan Turki. Ungkapnya.

Kesembilan rombongan yang dipimpin oleh Sekretaris Program Studi Arsitektur  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Aldrin Yusuf Firmansyah, MT) melanjutkan kunjungan ke Laboratorium Teknologi Bangunan, Laboratorium Perancangan, Laboratorium Digital, serta ruangan Tugas Akhir TA).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.