,

Jafar Selesaikan Studi Pasca Sarjana di UHM AS Melalui Jalur Double Degree

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Salah seorang mahasiswa Program Magister Teknik Sipil (PMTS) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) Jafar, ST (13914028) yang mengambil konsentrasi Rekayasa Kegempaan dan Manajemen Bencana (RGMB), pada Program Pascasarjana telah berhasil menyelesaikan studi di University of Hawai’i at Manoa (UHM), Amerika Serikat (AS) melalui program double degree.
Program yang ditempuh S2 selama 1 (satu) tahun di Indonesia (PMTS UII), dan mengikuti proses perkuliahan secara langsung di Amerika Serikat selama 1 (satu) tahun pula. Program double degree yang diikuti Jafar merupakan implementasi kerjasama antara Konsentrasi Rekayasa Kegempaan dan Manajemen Bencana UII dengan Department of Urban and Regional Planning (DURP) UHM. Kerjasama yang dilakukan antara kedua institusi ini memungkinkan mahasiswanya mendapat dua gelar master sekaligus.
Kerjasama antara UII dan UHM ini telah diinisiasi sejak tahun 2010 yang lalu, namun baru terealisasi tahun 2017. Program kerjasama yang dilakukan merupakan salah satu langkah dalam menanggapi kompetisi global yang semakin masif.
Program double degree ini juga telah memperoleh akreditasi dari Western Association of Schools and Colleges (WASC). Hal ini menunjukkan kurikulum yang diterapkan Program Magister Teknik Sipil UII telah diakui secara internasional. Selain itu, program double degree yang dijalankan ini merupakan salah satu syarat Program Beasiswa Unggulan dari Kemenristekdikti.
Program Studi Rekayasa Kegempaan dan Manajemen Bencana UII memfokuskan penanggulangan bencana dengan menggunakan pendekatan ilmu rekayasa (engineering). Sementara Departmen of Urban and Regional Planning UHM menggunakan pendekatan sosial dan kebijakan public
Program double degree di bidang manajemen bencana ini juga merupakan yang pertama kali terjalin antara universitas yang ada di Indonesia dan UHM. Keunggulan dari program ini mahasiswa dibekali pendekatan dari sisi teknik dan ilmu sosial, sehingga mahasiswa diyakini memiliki atribut yang lebih lengkap dalam penanggulangan bencana.
Demikian disampaikan Ketua Program MTS UII (Prof. Ir. Sarwidi, MSCE., Ph.D., IP-U) Rabu (4 April), bertempat di Ruang PMTS Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.
Kaitannya dengan doble degree Dekan FTSP UII (Dr.-Ing. Ir. Widodo, M.Sc.) menuturkan, bahwa FTSP UII sudah berkomitmen untuk diakui secara internasional. Hal ini tampak dari ketiga Program Studi S1 di FTSP (Teknik Sipil, Teknik Lingkungan dan Arsitektur) telah terakreditasi secara internasional. Kerjasama yang terjalin dengan UHM ini merupakan pengembangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di FTSP UII seperti akademik, seminar maupun kunjungan

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.