Magister Arsitektur FTSP UII Terima Kunjungan Studi Banding UMS

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Jum’at (23 Maret) Magister Arsitektur (M.Ars) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan studi banding dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bertempat  di Ruang Sidang Dekanat Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua Program Magister  Arsitektur (Ir.Suparwoko, MURP., Ph.D ) didampingi Ketua Program Studi (Prodi) Arsitektur (Noor Cholis Idham, Ph.D) dan beberapa dosen M.Ars. Delapan staff pengajar putri dan dua staff pengajar putra UMS  berkunjung ke M.Ars FTSP UII bermaksud untuk studi banding sehubungan dengan pembukaan M.Ars dan kurikulum yang ada di FTSP UII.

Ir.Suparwoko, MURP., Ph.D Selaku Ketua Program M.Ars UII menyampaikan, tujuan didirikannya Magister Arsitektur di FTSP UII adalah untuk menghasilkan lulusan Magister Arsitektur yang mampu menguasai “State of The Art” perancangan arsitektur sebagai dasar untuk melakukan riset desain di bidang Arsitektur, mengelola Kurikulum M.Ars dengan komponen utama kajian metodologi riset arsitektur yang inovatif, kajian substansi tentang arsitektur Islami yang komprehensif, dan  thesis Magister Arsitektur yang teruji. Dengan demikian maka lulusan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan sebagai perancang, fasilitator masyarakat, wirausaha, ilmuwan dan teknokrat dalam bidang arsitektur.

Suparwoko mengaku,  secara garis besar dalam pembukaan Program Studi  diperlukan 9 (sembilan) kriteria yang mewadahi, Visi Misi, Tata Kelola, Mahasiswa dan Lulusan, Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, Prasarana dan dan Sarana, serta keuangan.  Ke-sembilan kriteria yang menjadi tolak ukur adalah krireria 5 (lima) mengenai kurikulum. Kata kunci tingkat kemampuan kerja dalam diskripsi KKNI masuk ke dalam level 8 (delapan) mengembangkan IPTEKS melalui riset inter atau multi disiplin, inovasi, dan teruji.

Ia menambahkan, dalam aspek berkelanjutan peningkatan jumlah input mahasiswa dengan promosi dan kerjasama yang inovatif. Promosi yang telah dilakukan selama ini berbentuk  Lomba Karya Ilmiah (LKI) Mahasiswa S1 dan seminar hasil LKI, konferensi Nasional karya tulis mahasiswa S1 dan S2 Arsitektur , pameran karya studio dan program akhir sarjana arsitektur, serta wisata kampus dan laboratorium.

Sementara sarana dan prasarana menjadi program Fakultas dan menjadi bagian Renstra FTSP UII, sehingga pengadaan prasarana dan sarana menjadi konsekuensi logis kebijakan, keberadaan dan pemenuhannya. Ungkapnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.