Jadikanlah Audit AMI Kinerja Unit Sebagai Improvement

Audit adalah  proses penilaian dan evaluasi terhadap standar mutu pengelolaan sebuah institusi (perguruan tinggi) secara konsisten dan berkelanjutan. Oleh karena itu diminta kepada para Divisi untuk improvement yaitu usaha-usaha berkelanjutan yang dilakukan untuk mengembangkan dan memperbaiki  pelayanan ataupun proses. Usaha-usaha tersebut bertujuan untuk mencari dan mendapatkan bentuk terbaik yang dihasilkan, yang memberikan solusi terbaik bagi masalah yang ada, yang hasilnya akan terus bertahan dan bahkan berkembang menjadi lebih baik lagi. Hal ini sebagai langkah untuk peningkatan dan perbaikan kinerja unit setelah dilihat kelemahannya sehingga dari hari kehari akan semakin lebih baik. Jadi audit ini bukanlah mencari cari kesalahan namun sebagai langkah guna mengetahui potret diri selama 1 (satu) tahun yang lalu. Demikian kata sambutan Dekan FTSP UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.Sc) tadi pagi Kamis (25 Pebruari) di Ruang Sidang Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islamm Indonesia (UII) dalam pembukaan Audit Manajemen Internal ( AMI) kinerja yang akan berlangsung 2 (dua) hari.

FTSP UII yang memiliki 4 (empat) Kepala divisi yang senantiasa menjaga kualitas dan pelayanan kinerja dengan menerima diaudit setiap tahunnya akan segera di audit oleh 2 (dua) auditor  Dra.Budi Astuti, M.Si dan Umi Sulistiyanti, SE., M.Acc dari Fakultas Ekonomi. Hadir dalam pembukaan Audit AMI Koordinator FSMF FTSP UII (Dr.Ir.Sri Amini Yuni Astuti, MT), auditor dan audite (Kadiv.Administrasi Akademik, Kadiv.SIM dan Data Akademik, Kadiv.Umum dan RT, serta Kadiv.Keuangan). 

Sementara Dra.Budi Astuti, M.Si menyampaikan bahwa AMI sekarang ini adalah baru, sebagai informasi bahwa jumlah cacah borang lebih sedikit bilamana dibandingkan sebelumnya, akan tetapi penunjang dan bukti buktinya tetap berjumlah banyak. Borang baru ini melibatkan semua personil unit, disamping itu Audit  kali ini ada suatu penilaian sendiri yang lebih transparan dan pemeningkatan. FTSP sebelumnya sudah baik, mudah mudahan dapat dipertahankan lagi, karena walaupun adanya reputasi dan restrukturisasi pegawai tidak ada masalah karena sudah sistemik.

Senada dengan Dra.Budi Astuti, M.Si, Koordinator FSMF FTSP UII (Dr.Ir.Sri Amini Yuni Astuti, MT) berharap semoga unit unit produktif, dapat melaksanakan pekerjaan semakin mudah, dan jadikanlah Audit ini sebagai sistem. Audit ini adalah memotret diri kita selama satu tahun yang lalu sesuai dengan MERCY OF GOT sehingga bisa melihat kelemahannya dan dapat segera memperbaikinya. Oleh karena itu bilamana nantinya terjadi temuan-temuan diminta untuk segera menyampaikan analisis penyebabnya dan langsung disampaikan kepada auditor.