Rabu (20 Maret)  Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII)  menggelar sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintergrasi (SISTER) Perguruan Tinggi (PT) bertempat di Ruang Sidang Program Studi Arsitektur Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Dalam kata sambutan Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, Ph.D)  menuturkan, bahwa aplikasi ini digunakan oleh para tenaga pendidik yang ada di perguruan tinggi, seperti dosen untuk bisa turut bertanggung jawab atas data diri yang mereka input kedalam sistem. Peran perguruan tinggi dalam hal ini sebagai validator. Aplikasi SISTER ini, nantinya akan digunakan menjadi sumber sistem yang berisi portofolio para dosen.

Aplikasi SISTER ini untuk meningkatkan kualitas data SDM dalam rangka pembuatan kebijakan pengembangan SDM dan untuk meng-integrasikan seluruh layanan karir dan kompetensi. Oleh karenanya setiap dosen perlu keaktifan dan dibutuhkan kemandirian, sehingga tidak menjadi beban yang berat.

Demikian dituturkan Miftahul Fauziah dalam sosialisasi SISTER bagi para tenaga pendidik di FTSP UII sejumlah 97 (sembilan puluh tujuh) dosen, dan hadir 50 (lima puluh) orang dosen, hal ini tentu akan menyulitkan apabila data yang dimiliki masing-masing dosen tidak dikelola dan ditata kedalam suatu sistem yang bisa diakses. Oleh karenanya SISTER PT ini dapat dikelola dengan baik. Ungkapnya.

Sementara narasumber Agus Kurniawan DSDM Rektorat UII, menjelaskan dan mendampingi pemanfaatan aplikasi SISTER PT yang akan dipergunakan oleh setiap dosen. Salah satu keunggulan aplikasi SISTER adalah dosen tidak perlu melakukan input data yang sama berulang kali.

Data yang dulu sudah terlaporkan dan diinput pada Feeder PDDIKTI secara otomatis akan disinkronisasi secara dua arah dengan aplikasi SISTER. Setiap dosen dapat menggunakan SISTER untuk membangun portofolio dengan mengkompilasi seluruh aktivitas tridarma perguruan tinggi yang pernah dilakukan. Portofolio tersebut nantinya masih bisa dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data dalam portofolio dapat diklaim ketika dibutuhkan, pada proses penilaian angka kredit dan sertifikasi dosen (SERDOS). Ungkap Agus.