Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki 3 (tiga) Program Studi (Prodi) yang ketiganya sudah memiliki Akreditasi Internasional. Prodi Teknik Sipil  mendapatkan pengakuan akreditasi internasiional dari JABEE Jepang, Prodi Teknik Lingkungan mendapatkan pengakuan akreditasi internasional dari Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA, sedangkan Prodi Arsitektur  mendapatkan pengakuan akreditasi internasional dari Korean Architecture Accrediting Board (KAAB). Akreditasi internasional yang telah diraih ini bukan merupakan tujuan utama, namun yang lebih penting adalah untuk mempersiapkan pembelajaran dengan sebaik baiknya, perbaikan berkelanjutan di semua lini.

Demikian disampaikan kata sambutan mewakili Pimpinan Fakultas FTSP UII Yebby Yuriandala, ST., MT dalam penyelenggaraan kuliah tamu kerjasama FTSP UII dengan RUCIKA pada kamis (28 Maret) bertempat di Auditorium  Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Narasumber kuliah tamu oleh Muhajir Direktur Rucika mengatakan bahwa air dalam plambing terdiri air bersih yaitu air yang layak untuk konsumsi (minum dan memasak), utuk mandi untuk memuci, air hujan, air buangan yaitu air sisa dari mandi mencuci tangan mencuci pakaian mencuci piring dan kendaraan, dan air kotor (Black water) air yang berasal dari toilet.

Syarat instalasi pipa air bersih dengan teknis yang optimal mudah dijangkau, aman dan sesuai dengan SNI 8153:2015. Kwalitas yang cukup, yaitu jumlah air bersih harus mencukupi kebutuhan. Higienis, air bersih harus higienis dengan syarat tidak berwarna tidak berbau dan tidak berasa. Ekonomis, ketersediaan air bersih yang hemat biaya.

Syarat instalasi pipa air limbah harus ada kemiringan pipa, air mengalir dengan udara, ukuran pipa benar, tidak terjadi tekanan, ada perangkap bau, dan ada perangkap lemak bila diperlukan.