Senin (8 April)  Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia  (UII) menggelar  workshop Desain Capaian Pembelajaran dan Metode Assesment dengan sistem Outcome Based Education (OBE) bertempat di Ruang Sidang Dekanat Gedung Mohammad Natsir FTSP Jl.Kaliurang Km 14,5 Sleman Yogyakarta.

Dalam sambutannya Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) menuturkan, pada tahun akademik 2018/2019 ini ketiga Program Studi S1 dilingkungan FTSP baik Prodi Teknik Sipil, Arsitektur, dan Teknik Lingkungan sedang melakukan review kurikulum. Kurikulum di masing-masing Program Studi telah terakreditasi internasional yang mengharuskan kurikulum dengan menggunakan sistem  Outcome Based Education (OBE).

Miftahul Fauziah menambahkan, dalam sistem OBE ini capaian pembelajaran lulusan harus didesain sedemikian rupa, juga mewajibkan agar seluruh capaian pembelajaran yang telah didesain dapat diukur atau assesment. Oleh karenanya di masing-masing Program Studi FTSP UII mengembangkan sistem assesment untuk menjamin agar dapat dikukur tingkat ketercapaiannya pada masing-masing lulusan. Dalam hal ini pula Universitas memiliki sistem assesment capaian pembelajaran kurikulum Ulil Albab berupa Satuan Kredit Pembelajaran (SKP).

Kami berharap dengan workshop ini semoga kita dapat mendesain capaian pembelajaran serta metode assementnya pada kurikulum Program Studi Sarjana dan Pasca Sarjana yang terintegrasi dengan kurikulum Ulil Albab. Ungkapnya.

Dalam workshop menghadirkan narasumber Dr.Jaka Nugraha, S.Si., M.Si; Dr.-Ing.Ir.Ilya Fajar Maharika, MA., IAI; dan Beni Suranto, ST., M.Eng. yang diiukuti oleh 30 (tiga puluh) peserta dari pengurus Program Studi, perwakilan KBK, serta perwakilan tim review kurikulum dari masing-masing Program Studi.

Beni Suranto, ST., M.Eng (Direktur Pembinaan Kemahasiswaan UII) memaparkan tentang Desain SKP dan SKPI sebagai bagian dari upaya mencapai Capaian Pembelajaran (CP) Universitas,  Dr.-Ing.Ir.Ilya Fajar Maharika, MA., IAI (Kepala BPA UII) menyampaikan kurikulum Ulil Albab, dan Dr.Jaka Nugraha, S.Si., M.Si (Direktur Pengembangan Akademik UII) memaparkan Desain dan assesment integrasi CP Program Studi dengan CP Universitas Kurikulum Ulil Albab.