Saat ini kolaborasi antara Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia  (UII) dengan para alumni masih dipandang sebagai keadaan yang kurang merata atau jarang ada, oleh karenanya pagi hari yang cerah ini kami Fakultas mengundang perwakilan para alumni di tiga Program Studi guna workshop mengenai Peran Aktif Kerjasama Alumni untuk Institusi. Karena kesuksesan Perguruan Tinggi adalah tergantung kiprah dari alumni.

Demikian sambutan Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) dalam workshop bertajub “Peran Aktif Kerjasama Alumni untuk Institusi” Sabtu (20 April) bertempat di Hotel Alana. Jl. Palagan Tentara Pelajar  Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang diikuti 30 (tiga puluh) peserta dari unsur Pimpinan Fakultas, Program Studi, dan perwakilan alumni.

Miftahul Fauziah berpendapat, sebagai alumni FTSP UII kita pun mempunyai tugas untuk menyiapkan adik-adik calon alumni juga, mengantarkan alumni siap di dunia kerja. Itulah sebabnya kontribusi yang lebih kontinyu dari alumni sangat diharapkan, sehingga bisa menjadi baik. Apalagi dengan struktur organisasi dengan nama Ikatan Alumni sehingga tersystem  dan terjaga.

Fakultas akan memfasilitasi alumni yang saat ini masih masif, dengan workshop ini diharapkan kita dapat meyusun dan merumuskan organisasi, media dan data, karier alumni atau kontribusi yang diberikan dalam workshop ini. Ungkapnya.

Senada dengan Dekan FTSP UII  Wakil Dekan bidang kerjasama, agama, alumni dan kemahasiswaan (Dr.Ir.Revianto B.Santosa, M.Arch., IAI) mengatakan bahwa kesuksesan Perguruan Tinggi adalah tergantung kiprah dari alumni. Oleh karenanya Fakultas memberikan apresiasi kepada para perwakilan alumni yang hadir kali ini untuk memberikan kontribusi kepada FTSP UII.

Fakultas berharap kiranya workshop kali ini bisa merumuskan 4 (empat) hal pokok yang mendasar, yaitu organisasi, media dan data, pemberdayaaan atau karir para alumni, dan kontribusi yang berupa knowledge, networking, fasility serta finance.

Sementara Direktur Pengembangan Karir dan Alumni UII (Abdurrahman Alfaqih, SH., MA., LLM) menawarkan kerjasama berbentuk kolaborasi antara alumni dengan institusi. Hadirnya para alumni dalam workshop ini tentu saja dengan memberikan kontribusi. 3 (tiga) hal penawaran kerjasama yang diajukan Abdurrahman Alfaqih yaitu organisasi, media dan data serta alumni gatering.

Diskusi dibagi menjadi 3 (tiga) group masing-masing dipimpin Program Studi untuk membuat rumusan peran aktif dan kerjasama Ikatan Alumni untuk institusi hingga sore hari.