Ahad, 23 Juni Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Syawalan dan pelepasan Jama’ah calon haji 1440 H – 2019  bertempat di Hall Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta, yang dihadiri oleh Wakil Rektor IV UII (Wiryono raharjo, Ph.D), Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, Ph.D), Wakil Dekan 1 FTSP (Dr.Ir. Kasam, MT), Ketua Ikatan Keluarga Pegawai (IKP) Dr.Ir.Harsoyo, M.Sc, Pimpinan Jurusan dan Program Studi, dewan dosen beserta keluarga, tenaga kependidikan beserta keluarga,  purna tugas, Lembaga Mahasiswa.

Kehadiran Bulan Suci Ramadan dijadikan sebagai momentum untuk terus menempa dan meningkatkan kualitas diri  dalam beribadah. Sebagai momentum spritual, Ramadan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dan ibadah kepada Allah SWT. Selain itu, kehadiran Ramadan  juga memberi dampak positif dalam meningkatkan etos kerja.

Demikian dituturkan Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, Ph.D) dalam kata sambutan Syawalan yang dihadiri 175 (seratus tujuh puluh lima) kepala keluarga beserta keluarga.

Miftahul Fauziah juga mengambarkan, bahwa Perang Badar Al Kubra terjadi pada bulan Ramadan tahun kedua sesudah Hijrah.  Dalam sejarah, inilah kemenangan agung pertama pejuang-pejuang Islam menentang kemusyrikan dan kebatilan. Kisah Perang Badar adalah peritiwa yang paling terkenal dan sangat banyak terdapat hikmah dan pelajaran di dalamnya. Ungkapnya.

Senada dengan Dekan FTSP UII, Wakil Rektor IV UII (Wiryono Raharjo, Ph.D) menyampaikan  bahwa Ramadan dijadikan sebagai momentum untuk terus menempa dan meningkatkan kualitas diri  dalam beribadah. Kehadiran Ramadan memberi dampak positif dalam meningkatkan etos kerja pula.  

Sementara hikmah Syawalan disampaikan oleh Ismail Purnama, S.Pd.I dengan thema “Menjaga Energi Ketaqwaan”. Ramadhan merupakan bulan pematangan diri agar kaum muslimin memiliki karakter yang kuat dan tangguh menghadapi kehidupan bulan selanjutnya untuk hidup yang lebih baik.

Lebih lanjut Ismail Purnama menegaskan, terdapat tujuh hal kebiasaan positif pribadi taqwa sesuai dengan  Surat Ali Imran (QS 3: 133-135) yaitu Rajang berinfak dan bersedekah (pemberi), menahan amarah (penyabar ) memaafkan sesama (pemberi), berbuat kebaikan (pemberi), senang mengingat Allah (pembersih), senang bertaubat (pembersih), tidak mengulangi perbuatan dosa (pembersih).

Keajaiban memberi maaf akan mengkayakan  yang memberi dan yang menerima, menentramkan yang memberi dan yang menerima, mendekatkan sipemberi dengan sipenerima, dan meluaskan pikiran dan perasaan sipemberi dan sipenerima.

Ismail Purnama berpendapat, bulan Syawal lebih tepat menjadi bulan peneguhan, penguatan, pengikraran kembali, bahwa kita siap melakukan perjalanan hidup yang lebih baik sebagai upaya menjaga gelar muttaqiin hasil dari kuliah di Kampus Ramadhan. Ungkap Ismail.

Jamaah calon haji 1440 H FTSP UII Eko Siswoyo, ST., M.Sc.ES., Ph.D beserta istri dilepas oleh Dekan FTSP UII, sementara Nilai Kinerja Dosen (NKD) Terbaik TA.2017/2018 disampaikan sertifikat dan piagam penghargaan  oleh Dekan terdiri dari Program Studi Teknik Sipil Faizul Chasanah, ST., M.Sc; Fitri Nugraheni, ST., MT., Ph.D; Dinia Anggraheni, ST., M.Eng. Program Studi Arsitektur Ir. Suparwoko, MURP., Ph.D; Dr.-Ing. Nensi Golda Yuli, ST., MT; Yulia Pratiwi, ST., M.Eng. Program Studi Teknik Lingkungan Eko Siswoyo, ST., M.Sc.,ES., Ph.D.; Yebi Yuriandala, ST., M.Eng; Azham Umar Abidin, S.K.M., M.P.H.

Purna tugas hadir Ir.Susastrawan, MS dan Golowati dilepas oleh Wakil Dekan 1 (Dr.Ir.Kasam, MT), sementara purna tugas yang tidak hadir  Dr.Ir.Sukarno, Dr.Ir. Lalu Makrup, dan Ir.Mohammad Sigit DS, MT.