Pernahkah kita mencoba menulis artikel di jurnal international bereputasi, apakah publish di jurnal international bereputasi susah, sudahkah kita punya artikel di jurnal international bereputasi, seberapa banyak artikel kita disitasi orang lain, International atau domestic serta Natural atau by request.

Demikian beberapa pertanyaan menukik mengawali Workshop Program Sabtu Menulis (Protulis) oleh narasumber Eko Siswoyo, ST., M.Sc.ES., Ph.D yang digelar Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) di Ruang Sidang Dekanat Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Laliurang Km.14,5 pada Sabtu (29 Juni) bertajub “Strategi lolos di Jurnal international bereputasi”.

Eko Siswoyo melanjutkan, mungkinkah tidak menulis karena tidak Percaya Diri (PD) karena kemampuan Bahasa Inggris kurang bagus, atau mungkin malas nulis karena merasa tidak ada target  (misal sudah mau pension atau sudah mentok karena sudah lektor kepala namun masih S2, atau mungkin karena hal yang lain seperti misalnya tidak ada data yang berkualitas.

Eko Siswoyo memberikan gambaran dalam penulisan yang strategis hingga bisa lolos di jurnal nasional maupun internasional, harus diperhatikan latar belakang dan judulnya, berikan poin-point penting dalam menulis artikel,  memilih jurnal international yang tepat, proses submit yang benar, alasan penolakan yang sering terjadi, serta berkolaborasi. 

Judul merupakan bagian yang pertama akan dilihat oleh editor dan reviewer, judul harus jelas, menarik dan dapat menggambarkan isi dari artikel kita, untuk memilih judul, kita bisa membandingkan dengan judul-judul peneitian sejenis yang sudah ada, khususnya pada jurnal yang kita inginkan. 

Pastikan bahwa penulisan abstract kita sudah memenuhi aturan dari jurnal yang kita pilih, misal jumlah kata, jumlah dan urutan keywords (bisa menurut abjad) karena setiap jurnal punya aturan tersendiri, komponen-komponen abstract biasanya: background, purpose, materials & methods and conclusion, serta pelajari gaya penulisan abstract-abstract dari artikel-artikel yang sudah berhasil terbit di jurnal yang kita tuju. Ungkap Eko Siswoyo.

Sebelum workshop dimulai disampaikan kata sambutan Wakil Dekan 1 (Dr.Ir.Kasam, MT) bersama 25 (dua puluh lima) dosen dilingkungan FTSP UII mengharap kepada semua dosen partisipasinya mengikuti Protulis yang mulai digalakkan kembali dan dikerjakan bersama-sama setiap 2 (dua) minggu sekali setiap hari Sabtu. Pergunakanlah waktu program menulis dengan sebaik-baiknya yang difasilitasi Fakultas hingga menciptakan hasil yang terbaik.