Dalam dunia Fotografi, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan diantaranya dapat menghasilkan uang, melatih kepekaan di sekitar, sebagai penunjang profesi, melatih jiwa kepemimpinan dan sebagai identitas diri. Selain itu, fotografi juga melatih kita untuk senantiasa peduli terutama lingkungan sekitar yang bentuknya karya seni, belajar fotografi itu penting  bagi mahasiswa khususnya Jurusan Jurnalistik.

Demikian diungkapkan Narasumber Ir.Gunawan Wibisana, MSP., MM., LRSPS., PSA sebagai fotografer senior, dalam penyampaian materi  workshop yang digelar Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Univesitas Islam Indonesia (UII) pada Sabtu (29 Juni) bertempat di Auditorium Gedung Muhammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliuarang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Workshop dihadiri 180 (seratus delapan puluh) mahasiswa dan dosen Teknik Lingkungan UII, serta  dihadiri pula Ketua dan Sekretaris Program Studi Teknik Lingkungan Eko Siswoyo, ST., M.Sc.,ES., Ph.D) dan Dr.Eng.Awaludin Nurmiyanto, ST., M.Eng.

Gunawan Wibisana dalam paparannya menambahkan, bahwa belajar fotografi itu penting  bagi mahasiswa, dan di UII ini yang pertama kali saya sampaikan khusus Program Studi Teknik Lingkungan. Semoga Teknik Lingkungan dari Perguruan Tinggi lainnya bisa menyusul. Disamping  bisa menulis mahasiswa teknik lingkungan juga perlu bisa fotografi karena itu penting untuk pengetahuan persampahan. Tambah Gunawan.

Dalam membentuk motivasi mahasiswa dan dukungan para hadirin yang mengikutinya Gunawan Wibisana juga banyak menampilkan contoh-contoh gambar tentang Fotografi persampahan guna meningkatkan kepekaan indera penglihatan dan lebih menghayati keindahan serta keunikan alam dan sumber daya manusia. 

Selesai pemaparan materi workshop dilanjutkan dengan lomba fotografi tentang persampahan yang digelar secara online bagi mahasiswa Teknik Lingkungan seminggu yang lalu. Hingga pelaksanaan workshop terdapat 47 (empat puluh tujuh) foto dalam lomba fotografi yang masuk dalam nominasi, dan diambil 2 (dua) pemenang masing-masing juara 1 (satu) Aisyah Qisti Millatisilmi (16513018), dan juara 2 (dua) Fery Merdikawati (17513015).