Selamat datang adik-adik mahasiswa baru Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) di kampus hijau, kampus tertua dan kampus terkenal di Indonesia dan yang sudah terakreditasi Internasional. Syukur Alhamdulillaahi rabbil‘aalamin adalah ungkapan yang tidak akan terlupakan guna bersyukur kepada Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya kita kembali berkumpul dalam majelis terbuka forum ilmiah civitas akademika Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII)  dalam rangka Pembukaan Kuliah Umum (PKU) sebagai simbol bahwa aktifitas akademik dimulai khususnya bagi mahasiswa baru angkatan 2019/2020.

Demikian disampaikan Ketua Program Studi Teknik Sipil, Arsitektur, dan Teknik Lingkungan di depan mahasiswa baru angkatan 2019 menyambut kedatangannya di Kampus FTSP UII pertama kali untuk mengikuti kuliah perdana dari masing masing Jurusan. Untuk Program Studi Teknik Sipil bertempat di Auditorium lantai 3 berjumlah 235 mahasiswa, Program Studi Teknik Lingkungan bertempat di Ruang Kuliah I/2 sebanyak 232 mahasiswa, dan  di Ruang Kuliah II/4 untuk Program Studi Arsitektur 206  mahasiswa. Sebanyak 673 mahasiswa baru FTSP UII pada hari Selasa (13 Agustus) menggelar Kuliah Perdana serentak siang hinga sore hari di Kampus Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta. Dari 673 terdapat 12 (dua belas) mahasiswa Arsitektur asing dari Fatih Sutan Mehmet University (FSMU) Istanbul Turki yang sekaligus Summer School di FTSP UII.

Sekretaris Program Studi Teknik Lingkungan (Dr.Eng. Awaludin Nurmiyanto, ST., M.Eng) memaparkan  sejarah berdirinya Teknik Lingkungan dan kurikulum yang berlaku di Program Studi Teknik Lingkungan hingga tercapainya akreditasi Internasional yang menginduk Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA.

Dr.Ir.Sri Amini Yuni Astuti, MT Ketua Program Studi Teknik Sipil UII  mengatakan alhamdulillahi  Prodi Teknik Lingkungan sudah terakreditasi Internasional dari  JABEE  dengan hasil yang   terbaik terakreditasi iInternasional secara penuh. Persiapan guna memperoleh akreditasi internasional ini Program Studi Teknik Sipil berkompetensi sejak beberapa tahun silam baik  pengembangan Prodi menuju akreditasi internasional maupun internal UII. Sri Amini menjelaskan sejarah perkembangan sejak berdirinya FTSP UII hingga tercapainya akreditasi Internasional dari JABEE Jepang yang diraih sejak beberapa tahun silam.

Sementara Ketua Jurusan Arsitektur (Noor Cholis Idham, ST., M.Arch., Ph.D)  di Ruang Kuliah II/4 menuturkan, sejak tahun 2011 Arsitektur UII sudah menggunakan software Building Information Modeling (BIM) guna menunjang kearsitekturan. Arsitektur UII satu satunya perguruan tinggi yang menggunakan system ini. Sedangkan Proses akreditasi internasional Program Studi Arsitektur sudah mendapatkan pengakuan Akreditasi Internasional dari  Korean Architecture Accrediting Board (KAAB).

 

Selamat menjadi mahasiswa baru UII, saatnya menjadi mahasiswa kritis yang mampu belajar dan bukan generasi tunduk. Generasi pembelajar harus mampu menjawab tantangan zaman. Selamat masuk ke Universitas yang telah engkau inginkan, dimanapun kamu menempuh pendidikan tinggi, hanya kamulah yang bisa merubah kepribadian di masa depan.