Kompetisi WorldSkills 2019, ajang adu keterampilan tingkat dunia, digelar di Kazan Ruzia 22-27 Agustus mendatang. Kompetensi yang diselenggrakan ke-45 kalinya ini diikuti kurang lebih 1.300 profesional muda dari 63 negara dan wilayah, dalam 56 bidang keterampilan.

Salah satu delegasi dari Universitas Islam Indonesia (UII) adalah Febri Afiantoro Program Studi Arsitektur (18512157) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) yang dilepas oleh Pimpinan Universitas sekaligus pemberian doa restu kepada Febri.

Rabu (14 Agustus), para delegasi Indonesia yang akan terjun di kompetisi itu, termasuk Febri Afiantoro mendapat pengarahan serta dilepas secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Sebelum berangkat Febri Afiantoro menjelaskan, terdapat beberapa tahapan yang wajib dilalui peserta sebelum terjun dalam lomba. Tahapan tersebut meliputi training dan camp. Dalam training pertama, peserta diseleksi kembali dengan melihat keahlian dari setiap peserta yang kemudian disaring hanya terdapat 2 orang yang terpilih dari seluruh Indonesia, termasuk saya. Kemudian terdapat training ke dua yang mengasah kedisiplinan dan fisik para peserta lomba dunia tersebut, yakni dengan pelatihan mariner selama kurang lebih 2 minggu.