Sebanyak 30 (tiga puluh) mahasiswa dan tiga staff pengajar yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Arsitektur FSMVU Istanbul, Prof Dr Ibrahim Numan diterima Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP)  Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Mahasiswa Program Studi  Arsitektur negara dua benua itu mengikuti Summer School Joint Studio 2019  pada Program Studi Arsitektur  FTSP UII Yogyakarta selama satu bulan (25 Juli s/d 21 Agustus).

Summer School ini merupakan inisiatif dari 2 (dua) komunitas, komunikasi dua budaya, serta komunikasi dua kampus yang ingin saling berbagi pengetahuan tentang arsitektur. Dengan summer school diyakini akan melahirkan karya-karya arsitektur kreatif yang akan semakin memperkuat kolaborasi yang telah terjalin beberapa silam lamanya. Kolaborasi kedua universitas sebagai bagian dari komitmen UII untuk mengembangkan jaringan kerjasama global. Raihan akreditasi internasional Arsitektur merupakan kesiapan UII dalam menyambut peluang kolaborasi dengan kampus-kampus asing dunia. Berkolaborasi antar mahasiswa Arsitektur UII dengan Fatih Sutan Mehmet University akan mendorong tumbuhnya manfaat yang nyata di bidang akselerasi ilmu pengetahuan, pemahaman lintas budaya, dan pengalaman internasional bagi mereka yang terlibat di dalamnya.

Program summer school and winter school keduanya berjalan sejak lima tahun silam tahun 2014. Sudah ada 5 kali pelaksanaan program, baik mahasiswa Turki ke UII maupun mahasiswa kita berkunjung ke FSMU Turki. Disamping kuliah di kelas mahasiswa juga diajak mengunjungi lokasi lanskap budaya dan arsitektur Indonesia baik yang ada di Yogya dan wilayah lain (Denpasar Bali).

Beberapa dosen dan asisten dari UII yang diketuai oleh oleh Sekretaris Program Studi Internasional Arsitektur Dr.-Ing Putu Ayu Pramanasari Agustiananda akan bergabung dengan mereka dalam studio bersama maupun eskursi arsitektur.

Selain program Summer School 2019, Jurusan Arsitektur UII juga mengadakan beberapa kegiatan akademik untuk meningkatkan kapasistas belajar mengajar di kampus ini. Kegiatan-kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa dan dosen dari dalam dan luar negeri di dalam dan luar kampus.  Seperti Kolokium Arsitektur yang merupakan tradisi akademik tutup tahun Jurusan Arsitektur yang diadakan sebagai ajang publikasi dan diskusi hasil pembelajaran. Pada kolokium kali ini, beberapa pakar di bidangnya baikdari kampus ataupun dunia profesi dihadirkan untuk melakukan penilaian sekaligus masukan bagi pengembangan berikutnya.