Ailsa Adzani Zatadini (18513060) Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) mengikuti ASEAN Youth Exchange 2019 di Bangkok Thailand yang dilaksanakan pada 28 Juli hingga 4 Agustus yang lalu.

Ailsa mengungkapkan, ASEAN Youth Exchange adalah pertukaran pelajar atau mahasiswa se ASEAN sesuai dengan program studi masing-masing untuk mempromosikan dunia pendidikan ASEAN disegala dimensi, politik, keamanan, ekonomi, sosial budaya dan lingkungan untuk memberikan pemahaman lebih dalam lagi tentang hubungan baik dan kerjasama dalam membagikan pengalaman dan dedikasi terhadap negara.

Dalam kegiatan ini Ailsa mengaku menerbitkan sebuah paper dari topik pilihan dari publikasi ASEAN, serta vedio presentasi mengenai partisipasi dalam program. Selaku mahasiswa Teknik Lingkungan diharapkan dapat memberikan partisipasi, mengingat isu global yang dihadapi ASEAN saat ini adalah salah satunya tentang lingkungan.

ASEAN Youth Exchange 2019  dengan nama “is ASEAN Really Sustainable in a changing global future” yang dihadiri oleh mahasiswa dari 8 negara ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam dengan total jumlah peserta 80 orang mahasiswa. Ungkapnya.