Sabtu (7 September) Jurusan Teknik Sipil (JTS) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar sarasehan bertajub “Pencarian Bentuk dan Target Pasca Akreditasi” bertempat di Aula besar Westlake Resto Jl.Ring Road Barat, Bedog, Trihanggo, Gamping Sleman.

Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) dalam sambutan dan penyampaian masukan-masukan pasca akreditasi berikut harapannya menuturkan, introspeksi diri sangat diperlukan karena proses tidak selalu berjalan konstan, pengalaman yang serupa tidak selalu memberi hasil yang sama selalu ada keterbatasan dan perbedaan sudut pandang.

Miftahul Fauziah berpendapat, tiap masalah memiliki titik kritis tersendiri, melalui instropeksi diri kita akan mampu menemukan makna dari setiap tujuan yang kita miliki dan akan semakin memastikan, apakah tujuan yang telah kita tetapkan sebelumnya sudah terarah atau belum. Seperti dalam ajaran Islam dikatakan hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin.

Ia berharap, saat ini Jurusan dan Program Studi sudah waktunya mempersiapkan diri generasi muda untuk mengisi kepengurusan mendatang, dengan harapan pergantian generasi muda itu akan dapat mencapai hasil lebih dari pengurus sebelumnya, untuk itu diperlukan  perbaikan  pendidikan dalam catur dharma Perguruan Tinggi yang ada di UII.

Perguruan Tinggi memang harus menjadi tempat di mana mahasiswa bisa mempersiapkan diri mereka menghadapi dunia kerja usai lulus dari bangku kuliah. Oleh karenya diperkuat dalam mendukung mahasiswa mereka untuk bersaing dalam kompetisi di dunia kerja untuk mempersiapkan alumni yang profesional. Karena maju mundurnya suatu Perguruan Tinggi juga tergantung dari Alumninya. Ungkap Miftah.

Disamping Dekan FTSP UII, sarasehan  dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya (Dr.Ir.Kasam, MT), Pengurus Jurusan dan Program Studi, para dosen Program Studi Teknik Sipil dan puluhan tendik. Selesai sarasehan dipotong sebuah tumpeng oleh Dekan yang diberikan kepada Ketua Program Studi Teknik Sipil (Dr.Ir.Sri Amini Yuni Astuti, MT) serta perwakilan dosen dan tendik.

Sementara visitasi Re-Akreditasi Program Studi Teknk Sipil Sarjana S1) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dilaksanakan pada Kamis (10 Juli) yang lalu di ruang Sidang Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta. Selaku Tim Asesor BAN-PT Prof.Ir. Indratmo Soekarno, M.Sc., Ph.D (ITB Bandung) dan Tri Basuki Joewono, Ph.D (Univ.Parahiyangan Bandung).

Atas kerja kerasnya tim akreditasi Teknik Sipil beserta para pengurus Fakultas, Jurusan dan Program Studi akhirnya Program Studi Teknik Sipil FTSP UII dapat mempertahankan kembali akreditasinya dengan nilai A berdasarkan Keputusan BAN-PT nomor 2388/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 tertanggal 16 Juli 2019, yang berlaku 5 tahun sejak tanggal 16 Juli 2019 sampai dengan 16 Juli  2024.