Program Studi Magister Teknik Sipil (MTS) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP)  Universitas Indonesia (UII) yang berdiri pada tanggal 13 September 1999 merayakan hari jadinya yang ke-20. Dalam rangka merayakan dan memeriahkan acara MILAD MTS FTSP UII menyelenggarakan sarasehan dan potong tumpeng bersama yang digelar  Jum’at (13 September) bertempat di Ruang Sidang Dekanat Gedung Mohammad Natsir Kampus FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Sarasehan dan potong tumpeng dihadiri Dekan, Wakil Dekan bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Program MTS, dewan dosen, serta Ketua Program MTS periode sebelumnya. Acara seremonial   dimulai dengan sambutan Ketua Program MTS FTSP (Fitri Nugraheni, ST., MT., Ph.D) serta Dekan FTSP (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) dilanjutkan  potong tumpeng.

Potong tumpeng dilakukan oleh Ketua Program MTS FTSP (Fitri Nugraheni, ST., MT., Ph.D) diberikan kepada Dekan FTSP (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) dan diberikan kepada Dr.Ir.Luthfi Hasan, MS selaku Ketua Program MTS pertama kali. Sebelum pemotongan tumpeng Dekan dan Ketua Program MTS menyamaikan kata sambutan singkat dan do’a syukur oleh Ustadz Ir.Munadzir, MS.

Dekan FTSP UII dalam sambutannya menuturkan, dalam usianya yang ke-20 MTS ini diharapkan untuk dapat meningkatkan kwalitas dan kemutakhiran terhadap materi dan penyajian bahan belajar mengajar mata kuliah. Menyusun bahan revisi materi dan pengayaan bahan ajar merupakan hal yang sangat penting. Hal ini sebagai langkah untuk menuju Re-Akreditasi hasil yang lebih baik lagi.

Miftahul Fauziah menambahkan bahwa, menurut laporan pelaksanaan wisuda yang ada sampai saat ini jumlah alumni MTS sebanyak 430 tersebar di seluruh Indonesia,  dan alumnilah berperan sebagai ujung tombak untuk memajukan institusi dalam hal peningkatan akreditasi. Diharapkan Program MTS FTSP UII juga dapat merespon meningkatnya tuntutan masyarakat akan kebutuhan tenaga-tenaga akademik dan profesional di bidang konstruksi, mitigasi (penanggulangan) bencana, dan transportasi. Ungkapnya.

Sementara sarasehan disampaikan oleh para pengelola Program Magister Teknik Sipil dari periode pertama hingga periode saat ini, berlangsung higga sore hari. Para Ketua Program MTS sebelumnya yang hadir adalah Dr.Ir.Luthfi Hasan, MS; Prof.Ir.Sarwidi, MSCE., Ph.D.,IP-U; Prof.Ir.Widodo, MSCE., Ph.D, dan Fitri Nugraheni, ST., MT., Ph.D selaku Ketua Program MTS saat ini.