Jum’at (20 September) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) mendelegasikan 2 (dua) tendik Laboran untuk mengikuti Seminar Nasional IV dan Workshop Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia bertempat di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Seminar berlangsung 2 (dua) hari Kamis dan Jum’at 19 dan 20 September dengan topik “Peran Pranata Laboratorium Pendidikan Menghadapi Era Revolusi 4.0 dalam Pengelolaan Laboratorium” keynote speaker Prof.dr. Ali Ghufron, M.Sc., Ph.D (Direktorat Jendral Sumber Daya IPTEK DIKTI).

Dua laboran yang mendapatkan tugas mengikuti Seminar dan Workshop adalah Sukamto HM dan Darussalam, keduanya membuat makalah atas hasil penelitiannya berupa abstrak guna mengikuti Seminar Nasional IV dan Workshop PLP. Disela-sela kesibukan pekerjaannya di laboratorium Jalan Raya Sukamto HM dengan reporter mengatakan, Pranata Laboratorium Pendidikan disingkat PLP adalah jabatan dalam tugas, wewenang, dan tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan dengan pengoperasian peralatan dan penggunaan bahan dalam kegiatan pendidikan.

Ia menambahkan, dalam petunjuk teknis dinyatakan bahwa Pranata Laboratorium Pendidikan dalam pangkat dan jabatan tertentu untuk kenaikan pangkat atau jabatan diwajibkan ada angka kredit dari unsur pengembangan profesi, seperti penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) baiki KTI laporan hasil penelitian maupun suatu gagasan  atau makalah dengan melakukan pemaparan karya tulis berupa seminar.

Sukamto berharap dengan mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM)  untuk menguasai manajemen laboratorium, yang meliputi penempatan bahan-bahan praktikum, peralatan praktikum, limbah praktikum. Disamping itu dapat mengembangkan ponten diri, baik segi penelitian maupun   karya ilmiah. Ungkapnya.