Rabu (23 Oktober) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP Universitas Islam Indonesia (UII) kembali melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) 2019 melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) di Gedung Mohammad Natsir FTSP Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta. Audit ini digelar untuk Pimpinan Fakultas, Pimpinan Jurusan, Pimpinan Program Study baik S1 maupun Pasca Sarjana (S2 dan S3), Keprofesian, Kepala Divisi maupun Laboratorium. Sementara audit berlangsung Rabu hingga Selasa 23 s/d 29 Oktober 2019.

Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, Ph,D) dalam sambutan pembukaan AMI  menuturkan, Audit Mutu Internal UII dapat dimaknai sebagai evaluasi diri yang dilakukan setiap tahun. AMI ini  adalah  proses penilaian dan evaluasi terhadap standar mutu pengelolaan sebuah institusi secara konsisten dan berkelanjutan yang merupakan kebutuhan kita.

Miftahul Fauziah berpendapat, AMI 2019 ini tidak menjadi sebuah beban, namun demikian merupakan peluang perbaikan, kekurangan yang dapat diperbaiki walaupun terdapat kendala data sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Fakultas, karena AMI Fakultas dilakukan bersamaan dengan Program Studi.

Miftahul Fauziah melanjutkan bahwa data Fakultas AMI 2019 adalah komulasi data Program Studi, oleh karenanya akan lebih update bilamana audit mendatang sebaiknya tidak bersamaan waktunya antara Fakultas dengan Program Studi, sehingga kalau ada masalah didalamnya dapat segera diselesaikan.

Diharapkan ke depan audit akan lebih siap lagi, sebagai catatan pengukuran AMI kiranya dapat ditinjau kembali, sehingga falit hasilnya. Hal ini perlu dilakukukan karena walaupun sudah berusaha namun masih bolong-bolong. Ungkapnya.

Selaras dengan Koordinator Auditor AMI Dr. Ir. Farham HM Saleh, MSIE  menyampaikan AMI ini  tentu saja menjadikan peluang perbaikan sebagai  koreksi yang telah dilaksanakan selama setahun sebelumnya, dan bukan untuk mencari kesalahan. Namun untuk mengevaluasi seluruh proses yang telah dilakukan sesuai dengan prosedur  terstandar MERCY OF GOD.

AMI ini juga dibutuhkan dalam rangka memastikan seluruh kegiatan akademik dan non akademik dilingkungan FTSP UII berjalan dengan baik dan terus meningkat secara berkesinambungan. Dan menemukan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan untuk penentuan tindak lanjut perbaikan berkrlanjutan. Ungkapnya.