Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali mengirimkan 6 (enam) delegasi dalam acara  The 4th International Joint Meeting of Advaned Global Program (AGP) yang diadakan oleh Graduate School of Engineering, Gifu University, Japan selama 2 (dua) hari  tanggal 9 dan 10 Oktober 2019.

Program AGP terdiri dari 2 (dua)  jenis  Oral Presentation dan Poster Session. Oral Presentation diikuti oleh 32 peneliti dari berbagai universitas, termasuk di dalamnya delegasi FTSP UII Fitri Nugraheni, ST., MT., Ph. D., Albani Musyafa’, ST., MT., Ph.D., Hanindya Kusuma Artati, ST., MT., Yolanda Amertha Eryan (Mahasiswi Teknik Lingkungan), dan Nolanda Arya Dwiguna (mahasiswi Teknik Lingkungan). Sementara Andik Yulianto, ST., MT beserta peneliti lain dari Gifu University masuk dalam program poster session.

Disela-sela  gladi bersih wisuda UII Periode I TA 2019/2020 kemarin dengan reporter  Yolanda Amertha Eryan (15513163) mengatakan, beberapa saat yang lalu saya pulang dari Gifu Japan mengikuti acara  The 4th International Joint Meeting of Advaned Global Program (AGP) bersama Nolanda dan  4 (empat) pendamping dosen FTSP UII selama 2 (dua) hari.

Tema yang diangkat dalam program AGP 2019 ini sustainable development, bertujuan untuk mempromosikan penelitian yang berkolaborasi dengan rekan-rekan universitas lain demi mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan yang diadopsi dari Majelis Umum PBB pada tahun 2015.

Yolanda mengaku bahwa topik dari penelitian bermacam-macam,  beberapa diantaranya adalah Biomaterials, Electrical and Electronic Materials, Environment and Energy, Mechanical Engineering, Organic and Inorganic Materials, etc.

Mahasiswi Teknik Lingkungan asal Siak Riau yang diwisuda Sabtu 23 Oktober lalu membeberkan dalam wawancaranya bahwa, di tengah-tengah acara terdapat Plenary Lecture (Open Lecture) yang disampaikan oleh Prof. Gary D. Christian dari University of Washington yang memberikan materi tentang The Ethics of Scientific Writing : How to Write and How Not to Write a Paper. Selain itu juga ada Keynote Lecture yang disampaikan oleh Winfried Teizer dari Texas A&M University, USA dengan materinya Molecular Motors – Nature’s Efficiency at Work. Ungkapnya.