Sabtu (7 Desember) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar pertemuan Orang Tua (ORTU) wali mahasiswa baru angkatan 2019, bertempat di Auditorium Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Pertemuan  Orang Tua (ORTU) wali mahasiswa baru digelar secara rutin setiap tahun dengan maksud sebagai ajang silaturahim Pimpinan Fakultas, Jurusan dan Program Studi dengan orang tua/wali mahasiswa baru. FTSP UII. Sudah beberapa tahun FTSP UII memantapkan kualitas pendidikannya menuju internasionalisasi yang ketiga Progaram Studi Sarjananya  (Teknik Sipil, Arsitektur, dan Teknik Lingkungan) menyandang akreditasi internasional dari lembaga akreditasi di tingkat Internasional.

Demikian dituturkan Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D) ditengah-tengah kerumunan Orang Tua wali mahasiswa yang dihadiri tidak kurang dari 250 (dua ratus lima puluh) wali mahasiswa. Acara dihadiri pula Wakil Dekan bidang Keagamaan, kemahasiswaan dan alumni (Dr.Ir.Revianto Budi Santosa, M.Arch.,IAI), segenap pengurus Jurusan dan Program Studi dilingkungan FTSP UII, Dosen Pembimbing Akademik (DPA), serta mahasiswa/i berprestasi akademik, non akademik, serta Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Tahun Akademik  2018/2019.

Lebih lanjut Miftah menegaskan  Program Studi Teknik Sipil mendapatkan akreditasi dari JABEE Jepang. Prodi Teknik Lingkungan mendapatkan pengakuan akreditasi internasional dari Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA. Sedangkan Prodi Arsitektur mendapatkan pengakuan akreditasi internasional dari Korean Architecture Accrediting Board (KAAB). Akreditasi internasional yang telah diraih ini bukan merupakan tujuan utama, namun yang lebih penting adalah untuk mempersiapkan pembelajaran dengan lebih baik lag di semua lini. Ungkap Miftah.

Pada tahun akademik 2018/2019 terdapat 27 (dua puluh tujuh) mahasiswa berprestasi akademik terbaik, 17 (tujuh belas) mahasiswa berprestasi non akademik, serta 5 (lima) Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) tingkat Program Studi yang mendapatkan cindera mata berikut sertifikat yang diserahkan oleh Dekan dan Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni.

Sementara penjelasan akademik Program Studi disampaikan oleh masing-masing Ketua Program Studi, bertempat di Ruang Sidang Teknik Sipil untuk Program Studi Teknik Lingkungan, Program Studi Arsitektur bertempat di IRC, dan Program Studi Teknik Sipil bertempat di Auditorium. Sedangkan penjelasan kegiatan keagamaan dijelaskan oleh Wakil Dekan bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni (Dr.Ir.Revianto Budi Santosa, M.Arch., IAI).

Wakil Orang Tua Wali Mahasiswa Baru angkatan 2019 diwakili Dr.dr.Bambang Hastha Yoga, SpKJ untuk menyampaikan sambutannya. Disamping menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada Fakultas ia sampaikan bahwa di FTSP diperlukan karakter terbaik bagi mahasiswa sedini mungkin. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan menuju internasional sudah barang tentu sangat diperlukan akreditasi internasional. Dan saat ini Alhamdulillah ketiga Program Studi Sarjana di FTSP UII sudah mendapatkannya. Ungkapnya.