Rabu (18 Desember) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan dari SMK11 Malang Jawa Timur dalam rangka kunjungan industri. Rombongan di terima Pimpinan Fakultas dan Pengurus Program Studi di Ruang Sidang Dekanat Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki 3 (tiga) Program Studi S1 (Sarjana), dan ketiga Program Studi tersebut sudah terakreditasi Internasional.  Program Studi Teknik Sipil  terakreditasi Internasional dari Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). Program Studi Arsitektur terakreditasi Internasional dari Korean Architecture Accrediting Board (KAAB), sedangkan  Program Studi Teknik Lingkungan terakreditasi internasional dari Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) USA.

Demikian dikatakan Yebi Yuriandala, MT mewakili Pimpinan Fakultas dalam penerimaan rombongan kunjungan industri, dengan harapan kunjungan ini mendapatkan perhatian dan manfaat bagi siswa-siswi SMK11 Malang.

Tujuan kunjungan ini untuk bersilaturrahmi dan mengenal lebih dekat kampus Teknik Sipil dan Perencanaan UII  kepada para siswa-siswi supaya nanti  mempunyai pandangan tentang dunia kampus,  dengan harapan jika suatu saat siswa-siswi masuk di FTSP UII sudah tidak kaget lagi. Disamping itu juga untuk memberikan pemahaman tentang dunia pendidikan tinggi  sebagai sarana untuk memberikan informasi mengenai  dunia industri melalui berbagai macam laboratorium yang banyak dimiliki FTSP UII. Demikian diungkapkan Wakil Kepala Humas selaku pimpinan rombongan SMK11 Malang, Jawa Timur (Suryanto) bersama puluhan siswa-siswinya dari jurusan bangunan.

Dalam presentasinya Ketua Program Studi Arsitektur FTSP UII (Dr.Yulianto P.Prihatmaji, MT., IPM., IAI) mengatakan Program Studi Arsitektur mempunyai visi baru yang sangat kuat dan jelas untuk menghadapi dunia global yang berakar pada kondisi dan tantangan lokal yang berguna dan jelas dalam dunia kerja, yakni mempunyai reputasi global dan berakar pada keunggulan karakter Indonesia. Program Studi Arsitektur juga secara terpadu diformulasikan sebagai upaya untuk mencapai kwalitas sebagai sekolah arsitek UII yang memiliki komitmen menciptakan lingkungan binaan yang tanggap terhadap pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Sekolah arsitek UII yang menelorkan arsitek profesional berjiwa wirausaha.  

Yulianto P.Prihatmaji menambahkan, pendidikan arsitektur UII memiliki komitmen untuk mendidik arsitek yang berkarakter. Dengan harapan lulusan arsitek UII mempunyai kreatif yang tinggi, memiliki kompetensi desain unggul dan semangat kewirausahaan yang tinggi dengan nilai-nilai ke-Islaman yang ditanamkan. Harapnya.

Sementara Sekretaris Program Studi Teknik Lingkungan (Dr.Eng.Awaluddin Nurmiyanto, ST., M.Eng) menjelaskan tentang bidang keilmuan teknik lingkungan seperti penyehatan lingkungan permukiman (seperti air limbah, persampahan, drainase), penyediaan air bersih, pengendalian pencemaran air, tanah, dan udara. Awaluddin menambahkan bahwa sistem pembelajaran Teknik Lingkungan UII menggunakan model Active Learningdan Project Based Learning.

Sekretaris Program Studi Teknik Sipil FTSP UII (Pradipta Nandi Wardhana, ST., M.Eng) menyampaikan contoh-contoh gedung dan jalan tool menjulang tinggi serta pengenalan laboratorium. Selesainya dilanjutkan dengan kunjungan dibeberapa tempat laboratorium yang ada.