Rabu (15 Januari) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonsia (UII) menggelar sosialisasi penggarapan embung pelangi UII yang berlokasi di sebelah Barat GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo UII, di tepi jalan kampung (Sungai Pelang).

Hadir dalam sosialisasi embung Ketua Yayasan Badan Wakaf UII didampingi Sekretaris  (Drs.H.Suwarsono Muhammad, MA – Dr.M.Syamsuddin, M.Hum.), Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, Ph.D), Wakil Dekan bidang Sumberdaya FTSP UII (Dr.Kasam, MT), Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Fachrurrozie, serta Dukuh, Ketua RW, Ketua RT.diwilayah Nglanjaran, Kopatan, dan Kimpulan.

Embung UII yang dibangun ini milik BBWS di atas tanah milik UII melintang jalan tepi jalan kampung sungai pelangi. Dan telah dibangun sesuai dengan penetapan  awal sebelumnya sesuai dengan dokumen perencanaan.

Demikian disampaikan kata sambutan Ketua Badan Wakaf UII (Drs.H.Suwarsono Muhammad, MA) dalam sosialisasi sore hingga jelang malam hari di Ruang Sidang Dekanat FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman, Yogyakarta.

Suwarsono menjelaskan, dengan adanya embung ini, UII sebatas mengelola, untuk itu kerjasama dari semua pihak sangat diharapkan. Karena pembangunan ini belum selesai 100% penggarapannya dan masih tahap finishing, maka setelah selesai akan ditaburi ratusan hingga  ribuan ikan supaya nampak cantik.

Demi keamanan keberadaan embung UII, Suwarsono berencana akan memasang CCTV, juga Full Wifi untuk menambah kenyamanan pengunjung. Tempat parkir kendaraan dan tempat duduk pengunjung akan segera dibangun berikut warung kopinya.

Karena embung ini berada diantara UII dengan sungai pelangi, maka UII akan memberikan nama embung Pelangi UII. Ungkap Suwarsono.

Sementara Fachrurrozie Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak menjelaskan, manfaat embung UII ini untuk irigasi kampung setempat, dan mohon dijaga bersama-sama supaya tetap bersih dan jernih. Ucapan terima kasih disampaikan kepada penyedia jasa pembangunan embung  CV. Gigih Tender Bertiga. Dengan adanya embung UII ini semoga bermanfaat untuk konservasi dan irigasi masyarakat serta barokah barokah. Ungkapnya.