Minat yang tinggi untuk mempelajari ilmu arsitektur di negara lain menghantarkan 2 (dua)  mahasiswi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII), Joana Novarinda Carissa (17512037) dan Hanifah Hestyas Khumaira (18512040) untuk belajar ke Turki. Melalui program Erasmus, ia berkesempatan menimba ilmu selama 1 (satu) semester ke Fatih Sultan Mehmet Vakıf Üniversity (FSMVU), Turkey. Program ini merupakan hasil kerjasama antara program studi Arsitektur UII dengan FSMVÜ.

Menurut jadwal kedua mahasiswi ini akan menempa ilmu di Negara Turkey awal Pebruari hingga Juni 2020, secara rutin setiap tahun kedua universitas mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan akademik di kampus masing-masing.

Pelepasan kedua mahasiswa dilakukan di Ruang Sidang Eramus Gedung Rektorat UII Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta, Selasa (28 Januari) oleh Wakil Rektor bidang Networking dan Kewirausahaan UII  (Ir.Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D) didampingi Sekretaris Program Studi Arsitektur Internasional Program (Dr.-Ing.Putu Ayu P.Agustiananda, ST., MA). Hadir pula Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, ST., MT., Ph.D), Dekan FSMVU Turki (Prof.Ibrahim Numan), Ketua Jurusan Arsitektur UII (Noor Cholis Idham ST., M.Arch., Ph.D., IAI), dan Sekretaris Jurusan Arsitektur UII (Dr.Yulianto P.Prihatmaji, ST., MT., IPM.,IAI).

Dalam sambutannya Wiryono Raharjo, Ph.D menuturkan  bahwa kesempatan untuk belajar ke luar negeri dengan beasiswa menjadi impian bagi setiap mahasiswa, seperti mereka berdua Joana dan Hanifah Tyas mahasiswi International Program Arsitektur UII. Mereka berdua  sangat beruntung berhasil lolos seleksi beasiswa studi selama satu semester di Sultan Mehmed Vakif University Istanbul, Turki.

UII sangat mendukung kerjasama dan hubungan yang terjalin dengan Sultan Mehmed Vakif University Istanbul, Turki. Dengan  harapan nantinya diikuti oleh program studi lainnya, terlebih Erasmus Mobility Program dibuka setiap tahunnya sehingga UII sangat mendukung mahasiswanya yang mengikuti pertukaran mahasiswa. Ungkapnya.

Sementara dalam wawancaranya Joana Novarinda Carissa mengatakan, dirinya sangat bersyukur bisa mewakili mahasiswa Arsitektur UII untuk mengikuti pertukaran mahasiswa ini selama 1 (satu) semester ke depan untuk mengikuti perkuliahan di Fatih Sultan Mehmet Vakıf Üniversity Turki bersama Hanifah yang akan dimulai kuliahnya  tanggal 10 Februari sampai 10 Juni yang akan datang.

Ia mengaku banyak persiapan yang dilakukan sebelum berangkat ke Turki, salah satunya adalah menyiapkan mental karena akan bertemu dengan temen baru dan juga budaya baru dengan target menambah pengalaman dan meningkatkan pembelajaran. Joana  berkeinginan melihat arsitektur dari perspektif yang berbeda di Turki, karena  arsitektur bangunan dan sejarah Turki yang sangat beragam. Akunya.