Berdasarkan arahan Rektor Univesritas Islam Indonesia (UII) thema ditahun 2021 adalah cermat, bertahan, sehat, berbenah dan cepat bertumbuh. FTSP UII dalam Rakorja ini menyelaraskan thema besar yang diusung universitas menjadi thema rakorja Fakultas “Cermat Sehat Menuju FTSP yang Unggul, Mondial, dan bermanfaat”. Dan FTSP UII saat ini sudah memiliki 7 Prodi, ke depan akan dilakukan penambahan 1 (satu) Prodi yaitu Magister Teknik Lingkungan.

Demikian disampaikan Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, Ph.D) dalam pembukaan Rapat Koordinasi Kerja (Rakorja) yang digelar secara virtual Jum’at (25 September). Turut hadir dan menyampaikan kata sambutan Rektor Univesritas Islam Indonesia (Prof. Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D.).

Miftahul Fauziah berharap, semoga semua peserta yang hadir 98% dari yang diundang Rakorja secara virtual ini dapat mengikuti acara dengan baik sampai tuntas guna memberikan kontribusi kepada Fakultas dalam meningkatkan kwalitas belajar mengajar di FTSP UII. Paparan rencana program kerja Fakultas disampaikan oleh Miftahul Fauziah selaku Dekan, dilanjutkan dengan parallel session (breakout room) Jurusan.

Dalam kurun waktu 4 (empat) jam breakout room dipimpin langsung oleh masing-masing Ketua Jurusan dan dimoderatori Sekretaris Jurusan yang hasil rumusannya dipaparkan dalam rapat pleno.

Rapat pleno dimoderatori Hijrah Purnama Putra dengan hasil Pengkajian dan pendalaman nilai-nilai dan internalisasi ke-Islaman, peningkatan kwalitas dan kwantitas penelitian dalam pengabdian masyarakat, perluasan jaringan kerjasama, dukungan akselerasi reakreditasi Program Studi merupakan rumusan jurusan Teknik Sipil setahun kedepan.

Program Studi Arsitektur berupaya peningkatan SDM, kwalitas dan kwantitas bahan ajar, penerimaan publik.
Sedangkan Program Studi Teknik Lingkungan penguatan kolaborasi internasional, keahlian dosen, pusat studi, pengabdian masyarakat, dan upgrading skill dosen.

Sementara setahun kedepan FTSP UII berupaya mengedepankan pengembangan konten pembelajaran berbasis digital disamping mempersiapkan reakreditasi Program Studi, program keprofesian, kegiatan internasional, maupun pengembagan Program Studi Baru.