Program Studi Doktor Teknik Sipil (PDTS), Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan atau Asesmen Lapangan (AL) dari  Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Mempertimbangkan situasi pembatasan di masa pandemi covid-19, kegiatan Asesmen Lapangan ini dilakukan secara daring (dalam jaringan) pada hari Senin – Selasa, 8 – 9 Maret 2021. Tim asesor yang ditunjuk oleh BAN-PT untuk kegiatan AL ini adalah Prof. Dr. Ir. Nadjadji Anwar, M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. M. Saleh Pallu, M.Eng.

Prof. Dr. Ir. Nadjadji Anwar, M.Sc. saat mengawali proses asesmen lapangan menyampaikan bahwa keuntungan daring ini selain bisa mencermati format penilaian yang ketat dan mencocokkan bukti kegiatan yang dideskripsikan dalam borang, BAN-PT juga bisa sepenuhnya langsung menyaksikan dan memverifikasi bukti kegiatan tersebut agar dapat diperiksa kebenarannya.

“Pada dasarnya aktivitas AL secara daring bertujuan sama dengan asesmen konvensional yaitu memverifikasi kegiatan prodi sesuai dengan yang tercantum di borang,” tuturnya.

Temu dalam jaringan tersebut dimulai dari jajaran pimpinan fakultas dan unit pendukungnya, Badan Sistem Informasi (BSI), Badan Penjaminan Mutu (BPM), Direktorat Perpustakaan, Badan Pengembangan Akademik (BPA), Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) dan dengan pengelola prodi Doktor Teknik Sipil. Selain itu, dalam AL ini juga dilakukan wawancara dengan tendik dan mahasiswa PDTS.

Berkenan bergabung dalam Asesmen Lapangan tersebut, Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset, Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc., Direktur Perpustakaan, Joko Sugeng Priyanto, SIP., M.Hum., Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Eng. Hendra Setiawan, S.T., M.T., Direktur Pengembangan Akademik, Dr. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si., Direktur Pengembangan Karier dan Alumni, Abdurrahman Al-Faqiih, S.H., M.A., LLM., Kepala Badan Sistem  Informasi, Mukhammad Andri Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah Gagasan, Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI.

Selain itu juga ada Kepala Badan Penjaminan Mutu, Kariyam, S.Si., M.Si., Kepala Bidang Audit Mutu Internal, Dr. Rina Mulyati, S.Psi., M.Si., Kepala Divisi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Agung Nugroho Adi, S.T., M.T., Kepala Bidang Operasi Badan Sistem Informasi, Ari Sujarwo, S.Kom., M.I.T., Kepala Divisi Teknologi Informasi Direktorat Perpustakaan, Muhammad Jamil, S.IP., Kepala Divisi Promosi, Galang Prihadi Mahardhika, S.Kom., M.Kom. Pimpinan Fakultas, serta Pengelola Jurusan dan Prodi  Teknik Sipil FTSP UII.

Selanjutnya, pada hari kedua dilakukan peninjauan fasilitas laboratorium dan perangkatnya yang dilakukan secara live dengan mobile camera dan zoom meeting.

Prof. Dr. Ir. Nadjadji Anwar, M.Sc. saat melakukan asesmen lapangan secara daring.

Prof. Dr. Ir. M. Saleh Pallu, M.Eng. saat melakukan asesmen lapangan secara daring.

Para asesor saat melakukan asesmen lapangan secara daring