Kamis (1/4) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia mengadakan pelatihan secara daring untuk tenaga kependidikan dengan tema “Pelatihan Pengetahuan Teknologi Daring untuk Menyongsong Layanan Digital bagi Tendik FTSP UII”.
“Pada masa pandemi ini kita dipaksa untuk segera merespon agar seluruh proses belajar mengajar baik administrasi maupun pelayanan umum bisa cepat terlaksana meskipun secara daring” buka Miftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D. selaku dekan FTSP UII.

Dalam penyampaiannya, dekan berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja tendik FTSP sebagai upaya peningkatan layanan proses belajar mengajar secara daring. Ini juga sesuai dengan Renstra UII 2014-2018 yang dirancang Rektor UII dengan judul Digitalisasi UII. Pelatihan kapasitas tendik untuk menguasai IT akan sangat mendorong upaya digitalisasi agar program renstra segera terlaksana dan segera membumi.
“Saat ini teknologi informasi berkembang sangat cepat. Kita harus bisa merespon agar tidak ketinggalan dan (agar dapat) memaksimalkan penyelesaian tugas pada bidang masing-masing” tambahnya.

Pelatihan yang diikuti 35 tenaga kependidikan ini dipandu oleh Ahmad Munasir Raf’ie Pratama, S.T., M.I.T., Ph.D. yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.

Pelatihan bagi tenaga kependidikan ini direncanakan akan dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 1 April, sedangkan tahap 2 dan tahap 3 akan dilaksanakan pada 8 dan 15 April 2021. Tahap pertama dengan materi Penggunaan Google Suite for Education, dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama berisi penjelasan mengenai penggunaan Google Mail, Google drive, Google Calendar, serta Google Classroom. Sedangkan untuk sesi kedua, pelatihan akan diisi dengan dengan materi tentang penggunaan Google docs, Google slides, Google sheets dan Google forms.