Dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang terampil, terutama di bidang teknologi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia mengadakan pelatihan untuk tenaga kependidikan. Dikarenakan masih dalam masa pandemi, maka pelatihan yang biasanya dilakukan secara luring (tatap muka) digantikan dengan pelatihan secara daring (virtual). Pelatihan yang ditujukan kepada tenaga kependidikan ini dilaksanakan via zoom meeting dengan mengambil tema “Pelatihan Pengetahuan Teknologi Daring untuk Menyongsong Layanan Digital bagi Tendik FTSP UII. Pelatihan tersebut dilaksanakan secara bertahap sebanyak tiga kali. Pelatihan pertama telah dilaksanakan pada tanggal 1 April 2021 yang diisi oleh Bapak Ahmad Munasir Raf’ie Pratama, S.T., M.I.T, Ph.D. dengan materi Penggunaan Google Suite for Education. Pelatihan kedua dilaksanakan pada hari ini, Kamis, tanggal 8 April 2021, dengan narasumber Bapak Endro Mustofa, S.Kom.  Beliau menyampaikan materi seputar Zoom User Training.

Pelatihan kedua kali ini dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan yaitu Bapak Dr. Ir. Kasam, M.T. Pada sambutannya tersebut, beliau menyampaikan dengan adanya pelatihan tenaga pendidikan di bidang teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan tenaga kependidikan serta memudahkan pengoperasian perangkat bidang teknologi. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 34 peserta yang antusias mengikuti pelatihan sedari awal hingga akhir. Setelah sambutan dari wakil dekan usai, acara pelatihan dilanjutkan ke acara inti yaitu materi pelatihan yang disampaikan oleh Bapak Endro Mustofa, S.Kom. Beliau merupakan Kepala Divisi Layanan Pengguna Badan Sistem Informasi (BSI) Universitas Islam Indonesia.

Penyampaian materi diawali dengan penjelasan dasar mengenai aplikasi zoom. Dalam penjelesannya, zoom adalah sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan anda untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, baik itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Beliau juga menjelaskan bahwa sebelum pandemi melanda dunia, Universitas Islam Indonesia sudah menggunakan aplikasi zoom meskipun memang penggunanya masih belum banyak. Selain aplikasi zoom, pada dasarnya ada banyak aplikasi lain yang dapat digunakan seperti contohnya aplikasi WhatsApp, Google Hangouts Meet, Skype, Facetime, Slack, dan Cisco Webex. Namun, di antara beberapa aplikasi tersebut, aplikasi zoom merupakan aplikasi yang paling irit penggunaan kuota nya. Setelah penjelasan beliau usai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ada beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan yang kemudian diikuti dengan jawaban dari narasumber. Acara pelatihan tersebut berlangsung selama kurang lebih dua jam  dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara ditutup dengan pembagian dua doorprize bagi peserta yang aktif bertanya. Dengan usainya pelatihan kedua ini, maka tersisa satu sesi lagi yakni pelatihan tahap terakhir yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2021.