Meskipun dalam suasana pandemi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) tetap secara rutin menyelenggarakan kajian Senin pagi. Dalam menyiasati pelaksanaan kajian agar tetap berjalan yaitu dilakukan secara virtual dengan media Zoom.

Begitu juga pada kajian Senin, 28 Juni 2021, di mana pada kesempatan tersebut menghadirkan ustadz Habib Hasan Abdullah Alkaff, S.H., S.Pd., M.A.P., CI., dan dihadiri oleh sekitar 94 yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan FTSP UII.

Dalam uraian materinya beliau mengajak untuk selalu menerapkan optimal thinking, yaitu pikiran, hati, ucapan, dan perilaku untuk selalu positif. Menurutnya, dengan ber-husnudzon dengan siapapun, akan dapat mengambil ilmu dan hikmah pada setiap keadaan. “Berprasangka baik akan memberikan hikmah dalam setiap kondisi dan keadaan,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil bang Hasan tersebut juga menyampaikan dan mengajak untuk selalu istiqomah dengan menerapkan 3T, yaitu Tunduk pada Allah SWT, Taat pada ajaran yang dibawa Rasulullah, dan Tawadhu’ pada guru, pimpinan, orang tua, dan orang-orang yang wajib dihormati. Dengan menerapkan 3T, Insya Allah keberkahan akan selalu menyertai, sehingga selalu dimudahkan dan selalu mensyukuri segala nikmat tanpa batas dan selalu bahagia tanpa syarat.

“Beliau juga mengutip surat Al-Insyiroh, yang dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pada setiap kesulitan selalu ada kemudahan. Pada masa pandemi ini, pasti Allah SWT menyertai kemudahan-kemudahan dan hikmah yang mungkin tidak kita sadari.” tandasnya.

Sosok yang berpengalaman dibidang Consultant of Marketing Communication & Customer Service, Public Relation maupun Service Excellence serta ahli dalam hipnoterapi tersebut, dalam kesempatan itu juga memberikan motivasi kata dalam penyampaian materinya, sehingga menambah suasana makin hidup dan para peserta semakin antusias dalam mengikuti kajiannya.

Acara yang secara resmi dibuka oleh Dekan FTSP UII, Miftahul Fauziah, S.T, M.T., Ph.D. dalam sambutan dan arahannya mengajak kepada keluarga besar FTSP UII untuk selalu bersyukur. Menurutnya, pada masa pandemi ini, banyak sekali hikmah yang harus disyukuri. Selalu ada hikmah di balik musibah.

Beliau juga mengingatkan bahwa banyak sekali nikmat Allah SWT yang tidak bisa dihitung, tetapi wajib disyukuri. “Dengan bersyukur niscaya Allah SWT akan menambah nikmat dan segala urusan akan dimudahkan baik di dunia maupun akhirat,”pesannya.

Wallahua’lam bishawab