Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) menggelar kuliah perdana secara virtual pada kamis (23/9). Acara ini diikuti seluruh mahasiswa baru FTSP UII tahun 2021 baik dari dalam dan luar negeri.Pada tahun ini, mahasiswa baru FTSP UII sebanyak 527 mahasiswa yang diantaranya 13 adalah mahasiswa asing.  Penyambutan dan orientasi mahasiswa baru merupakan acara rutin yang dilakukan setiap tahunnya, baik pada level universitas maupun  fakultas yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada lingkungan serta atmosfer akademik dan non akademik FTSP UII khususnya pada masing-masing program studi mahasiswa baru.

Dalam sambutannya Dekan FTSP UII, Ibu  Miftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D. berpesan bahwa kita harus menjadi pembelajar sepanjang hayat sebagaimana hadits nabi Muhammad SAW “ Carilah ilmu dari buaian sampai liang lahat”. Para mahasiswa baru telah menentukan pilihan yang tepat dengan berada di tengah-tengah keluarga besar FTSP UII, karena FTSP UII siap mengawal mahasiswa baru menjadi cendekiawan professional di bidang rekayasa lingkungan terbangun (sessuai dengan visi-misi FTSP UII). Sebagai calon pemimpin, FTSP UII tidak hanya membekali dengan ketrampilan saja, tetapi juga dengan sikap dan nilai keagamaan untuk menjadi insan rahmatan lil alamin.

Wakil Dekan bidang Sumber Daya FTSP UII, Dr. Ir. Kasam, M.T. juga menyambut keluarga baru FTSP UII dengan memperkenalkan dan menjelaskan tentang unit-unit layanan di FTSP UII. Diantaranya layanan Teknologi Informasi, layanan presensi, layanan akademik dan layanan umum. Baik layanan-layanan/fasilitas yang bersifat online maupun ofline. Dengan harapan agar mahasiswa ketika memerlukan bantuan/layanan tertentu selama proses studi mengetahui layanan manakah yang harus digunakan.

Acara puncak Kuliah Perdana FTSP UII 2021 adalah sesi talkshow yang dikemas sangat menarik. Sesi yang dipandu oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni, Dr. Ir. Revianto Budi Santosa, M.Arch. ini menghadirkan 3 mahasiswa FTSP UII yang saat ini sedang mengikuti program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) atau Beasiswa Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia Kemendikbud. Mahasiswa-mahasiswa tersebut mewakili dari 3 prodi diantaranya prodi Teknik Sipil, Arsitektur dan Teknik Lingkungan. Diantaranya adalah Alifah Bianca Nuradrina, mahasiswi International Program Teknik Sipil yang saat ini belajar  di University of Granada; Abhista Abrar Irawan, mahasiswa International Program Arsitektur yang saat ini belajar di University of Waterloo dan juga Ailsa Adzani Zatadini, mahasiswi Teknik Lingkungan yang saat ini belajar di Glasgow University. Selain itu, sesi talkshow ini juga menghadirkan Rania Ababssi, mahasiswi FTSP UII dari Maroko.

Kuliah Perdana FTSP UII ini semakin menarik dengan adanya sesi games yang dipandu oleh marcom FTSP. Di sesi ini, panitia menyiapkan permainan secara online dan disiapkan hadiah/doorprize untuk menambah semangat mahasiswa baru.