Pada tanggal 19-20 Oktober 2021 yang lalu, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan The International Conference in Sustainable Built Environment 2021 (ICSBE 2021). Ini merupakan konferensi berskala internasional yang rutin diselenggarakan oleh FTSP UII setiap 2 tahun sekali. ICSBE merupakan wadah bagi para cendikiawan, kalangan profesional, serta pembuat kebijakan untuk bertukar gagasan, berbagi pengetahuan, dan diseminasi informasi yang berkaitan dengan lingkungan terbangun yang berkelanjutan.

ICSBE pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010, yang artinya, tahun ini merupakan edisi ICSBE yang ke-6. Awalnya, ICSBE ke-6 akan dilaksanakan pada tahun 2020. Namun, pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan juga seluruh dunia membuat pelaksanaan ICSBE harus ditunda hingga tahun 2021 dan untuk pertama kalinya ICSBE diselenggarakan secara virtual.

Dalam penyelenggaraan ICSBE, FTSP UII selalu berkolaborasi dengan univeritas maupun institusi bertaraf internasional dari berbagai penjuru dunia. Begitu pun dengan ICSBE 2021. Pada edisi ini, FTSP UII berkolaborasi dengan berbagai universitas rekanan yakni, Gifu University Japan, University of Malaya Malaysia, University of Rhode Island USA, National Cheng Kung University Taiwan, University of Boras Sweden, University of Hawai’I at Manoa USA, Hokkaido University Japan, Alanya Alaaddin Kaykubat University Turkey, Behaus-Universitaet Weimar Germany, serta National University of Singapore.

Tema yang diusung dalam ICSBE 2021 adalah “Sustainable Infrastructure and Environment for Smart Cities”. Tema ini diharapkan dapat menyediakan solusi untuk menjawab permasalahan yang berkaitan dengan perencanaan wilayah, sistem transportasi, air dan sanitasi, pengelolaan limbah, pengurangan risiko bencana, akses informasi, pendidikan serta pembangunan kapasitas. Tema utama ini kemudian diturunkan menjadi 5 (lima) sub-tema yakni Livable Rural and Urban Environment, Green Infrastructure, Sustainable Resource Management, Sustainable City, dan Disaster Risk Management.

Tahun ini, lebih dari 80 naskah dikirimkan ke ICSBE yang meliputi 5 sub-tema di atas. Seluruh naskah tersebut kemudian melalui tahapan review sejawat (peer-review process) yang ketat. Setiap naskah di-review oleh 2 orang reviewers. Proses review dilakukan secara blind yang artinya pemilik naskah dan reviewer tidak saling mengetahui sehingga tidak ada konflik kepentingan serta subjektivitas dalam penilaian. Setelah melalui proses ini, 50 naskah dinyatakan layak untuk dipresentasikan di acara ICSBE 2021. Pasca dipresentasikan, naskah-naskah terpilih ini akan dipublikasikan IOP Conference Proceeding in the Series of Earth Environmental Science (EES) yang salah satu prosiding terindeks oleh scopus.

Rektor Universitas Islam Indonesia, Prof. Fathul Wahid turut diundang dalam ICSBE 2021. Beliau hadir untuk memberikan sambutan serta secara resmi membuka acara ini. Setelah secara resmi dibuka, acara dilanjutkan ke sesi panelis dan sesi paralel yang dibagi dalam 2 hari pelaksanaan. Sejumlah pembicara penting dihadirkan dalam sesi panelis ICSBE 2021 yakni Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Ibu Vera Revina Sari (Deputi Urban Planning and Environment DKI Jakarta), Prof. Nobuoto Nojima, Prof. Noor Cholis Idham, Prof. Frank Eckardt, Prof. NG How Yong, Prof. Eren Uckan, Assoc. Prof. Anita Pettersson, dan Assoc. Prof. Asrul Mahjuddin Ressang.

Dalam 2 hari penyelenggaraannya, ICSBE 2021 menarik ratusan peserta untuk bergabung dan berpartisipasi. Peserta-peserta yang hadir berasal dari berbagai latar belakang pendidikan serta bidang ilmu. Semuanya antusias menyimak pemaparan dari para panelis serta presenter dari awal hingga akhir. Menjelang akhir acara, panitia mengumumkan pemenang naskah terbaik (Best Paper) serta presenter terbaik (Best Presenter). Setelah melalui proses penilaian yang ketat, predikat Best Paper jatuh kepada Aisyah Zakiah dari Universitas Islam Indonesia sedangkan predikat Best Presenter jatuh kepada Miles Osprey Schelling dari University of Rhode Island. Setelah pengumuman pemenang Best Paper dan Best Presenter, acara ICSBE 2021 dilanjutkan dengan closing speech yang disampaikan oleh Dekan FTSP UII Ibu Miftahul Fauziah, Ph.D. yang sekaligus secara resmi menutup rangkaian acara ICSBE 2021. “Thank you very much for your attention and active participation during ICSBE 2021. We are not going to say ‘Good bye’, instead, we are going to say ‘See you in ICSBE 2022” tutup Dekan FTSP UII.