Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII), Senin, 24 Rabiulakhir 1443 H/29 November 2021), menerima rombongan benchmarking dari Universitas Riau (UNRI). Kegiatan tersebut dalam rangka “ngangsu kawruh” Universitas Riau ke FTSP UII terkait capaian akreditasi The Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) yang telah diraih oleh Program Studi (Prodi) Teknik Sipil dan Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII. Rombongan disambut dan diterima di Ruang Sidang Teknik Sipil FTSP UII Gedung Moh. Natsir Kampus Terpadu. Dalam penyambutan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTSP UII, Dr. Ir. Kasam, M.T., dalam sambutannya mengatakan bahwa sebelum memperoleh akreditasi IABEE, beberapa Program Studi di FTSP UII sudah terakreditasi internasional, di antaranya adalah Prodi Teknik Sipil Japanese Accreditation Board for Engineering Education (JABEE), Prodi Arsitektur Korea Architectural Accrediting Board (KAAB), dan Prodi Teknik Lingkungan Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). “Alhamdulillah, ketiga prodi tersebut juga memperoleh Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Suyanto, M.Sc., Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Riau menyampaikan bahwa dari 104 program studi di Universitas Riau belum ada yang berstatus akreditasi internasional. “Maksud dan tujuan kami ke FTSP UII adalah salah satu rangkaian dalam rangka persiapan mengajukan akreditasi internasional, IABEE,” ungkapnya.

Hal tersebut dikuatkan oleh Dr. Reni Suryanita, S.T., M.T., Koordinator Pusat Jaminan Mutu LPPMP Universitas Riau.

Usai penyambutan dilakukan pemaparan materi yang disampaikan oleh Dr. Ir. Sri Amini Yuni Astuti, M.T., Kaprodi Teknik Sipil FTSP UII, Eko Siswoyo, S.T., M.Sc.ES, M.Sc., Ph.D., Kaprodi Teknik Lingkungan FTSP UII, Dr. Eng. Awaluddin Nurmiyanto, S.T, M.Eng., Sekprodi Teknik Lingkungan FTSP UII dan juga Berlian Kushari, S.T., M.Eng., Sekjen IABEE., yang pada kesempatan tersebut menyampaikan tentang syarat-syarat dan hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi akreditasi IABEE.

Dr. Eng. Awaluddin Nurmiyanto, S.T, M.Eng., Sekretaris Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII pada kesempatan yang sama juga mengatakan bahwa peran teknologi informasi pada saat ini sangatlah penting. Tidak terlepas dalam persiapan akreditasi. ”Alhamdulillah UII saat ini memiliki sistem yang sudah terintegrasi sehingga memudahkan dalam penerapan di berbagai unit”, ujarnya.

Delegasi Universitas Riau menutup agenda kunjungannya dengan mengunjungi beberapa laboratorium di Prodi Teknik sipil dan Prodi Teknik lingkungan FTSP UII.