,

Kuliah Umum Arsitektur UII Hadirkan Andra Matin

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Selasa (2 Oktober), Jurusan Arsitektur Fakultas Teknuk Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Kuliah Umum bertempat di Auditorium Prof. Dr. Abdulkahar Mudzakkir Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta. Kuliah Umum bertajub  “Regionalism Spirit in Global Era Blimbingsari Airport, Banyuwangi, East Java Indonesia”, menghadirkan seorang arsitek kondang di Indonesia (Andra Matin).

Andra Matin menyampaikan, bahwa Bandara Banyuwangi merupakan bandara yang akan dibangun kecil seperti resort, sehingga penggunaan AC dapat diperkecil dan memanfaatkan sirkulasi udara yang maksimal.

Pembangunan bandara Blimbingsari di Banyuwangi menjadi topik kuliah umum, yang memiliki konsep pembangunan diterapkan modern dan tidak meninggalkan nilai lokal. Ia mulai mencari nilai-nilai lokal yang dapat diterapkan dalam desain bandara yang sedang digarap saat ini.

Rumah Osing khas Banyuwangi menjadi titik temu, dari gaya atap rumah osing dapat dimodifikasi menjadi sesuatu yang baru. Modifikasi atap rumah osing yang dilakukan dengan memotong model atap secara diagonal dan menerapkan salah satu sisinya. Penerapan gaya atap osing akan menonjolkan nilai arsitektur dan menjadi identitas Bandara Bayuwangi.

Desain atap yang dikombinasikan dengan material rumput dan atap berbahan kayu ulin meningkatkan nilai arsitektur bangunan. Kombinasi ini diterapkan untuk meningkatkan ciri khas bandara yang lokasinya dekat dengan kawasan persawahan juga dapat menyejukkan ruangan. Sehingga memperkecil penggunaan AC seperti yang diharapkan sang desainer dapat tercapai.

Ia mempersiapkan ruangan dimana masyarakat lokal masih dapat menggunakan sarung dan duduk bersila, yang memiliki tantangan  bagaimana semuanya dapat berfungsi dengan baik, namun nilai lokalnya tetap ada tidak ditinggalkan. Ungkapnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.