PNDI Diikuti 605 Mahasiswa Baru 2018 FTSP UII

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sabtu (25 Agustus) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) selenggarakan Pendalaman Nilai Dasar Islam (PNDI) bagi mahasiswa baru angkatan 2018/2019. PNDI diikuti oleh 605 mahasiswa baru FTSP UII digelar  5 (lima) kelompok atau kelas besar putri dan 7 (tujuh) kelompok atau kelas besar putra, setiap kelompok tertampung 50 (lima puluh) mahasiswa/i.

PNDI terselenggara atas kerjasama dengan Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) UII yang dibantu oleh puluhan mahasiswa sebagai pemandu.

Secara etimologi, kata akhlaq (bahasa arab) adalah bentuk jamak khuluq, yang berarti tingkah laku, tabiat, perangai atau budi pekerti. Kata ini berakar dari kata khalaq yang berarti menciptakan. Aklhlak bukan saja tata aturan atau norma perilaku yang mengatur hubungan antara sesama manusia, tetapi juga norma yang mengatur antara hubungan manusia dengan Tuhan (Allah SWT) dan bahkan dengan alam semesta sekalipun.

Demikian disampaikan materi akhlak oleh para nara sumber di kelas yang diangguk angguki oeh para peserta PNDI. Salah satu nara sumber menegaskan Sebagai makhluk yang berakhlak mulia, secara umum manusia dituntut agar memenuhi hak hak rohani dan jasmaninya secara seimbang, selaras dan serasi. Hak rohani manusia meliputi hak keselamatan jiwa, bebas dari rasa takut dan khawatir, hak keselamatan akal, hak keselamatan harga diri atau martabat. Sedangkan hak hak jasmani meliputi hak kesehatan jasmani, hak berketurunan dan hak kelangsungan kehidupan.

Ia menambahkan keselamatan jiwa dicapai dengan jalan mensucikannya dari sifat sifat tercela  seperti dengki, sombong, dan mementingkan dirinya sendiri. Keselamatan akal dicapai dengan mengfungsikan potensinya  untuk berfikir dan menuntut ilmu pengetahuan, terutama ilmu ilmu agama demi mencapai kesuksesan akhirat, dan ilmu ilmu duniawi demi mencapai kesuksesan hidup di dunia sebagai penyokong bekal amal shalih di akherat.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.