KIPRAH ALUMNI

Bertumbuh dan Menumbuhkan: Semangat Alumni Teknik Lingkungan UII untuk Terus Ciptakan Iklim Berwirausaha

Sustainability atau kerap kita mendengar akhir-akhir ini yaitu pembangunan berkelanjutan, seolah menjadi syarat mutlak yang wajib ditaati oleh pemerintah, pelaku usaha, maupun aktor yang terlibat dalam pembangunan. Tak hanya sebatas kepatuhan akan regulasi, namun juga kebutuhan akan apa yang kita rasakan akhir-akhir ini. Pemanasan global, perubahan iklim, krisis pangan dan air bersih, pencemaran lingkungan dan berbagai isu-isu lingkungan yang terasa begitu meresahkan.

Tantangan sekaligus kebutuhan tersebut yang mendasari salah satu alumni “paket komplit”, S1 & S2 Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia (UII), Ir. Saprian, S.T., M.Sc., M.T. atau kerap dipanggil Bang Sap melihat peluang berkarir di bidang enviropreneur. Lulus dari S1 Teknik Lingkungan UII pada tahun 2013, bermodalkan beasiswa dari Abdul Kahar Muzakkir Scholarship dari UII, Ir. Saprian, S.T., M.Sc., M.T. memiliki tekad untuk terus belajar dan memberikan kontribusi pada bidang lingkungan hidup. Setelah lulus pada tahun 2013, setahun setelahnya, Ia melanjutkan pendidikannya di S2 Magister Pengelolaan Lingkungan Universitas Gadjah Mada berbekal beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Semasa menimba ilmu pada program sarjana dan magister, Ia tidak hanya berfokus pada akademis, namun juga haus untuk mengikuti berbagai pelatihan dan kompetisi sebagai bekal dalam membangun karirnya. Mulai dari pelatihan AMDAL A, AMDAL B, Auditor Lingkungan, K3, ISO Manajemen Lingkungan dan K3, Pengolahan Persampahan, dan Penginderaan Jauh. Berbagai penghargaan yang diraih semasa menimbah ilmu di bangku perkuliahan, seperti menjadi delegasi Departemen Teknik Lingkungan UII pada program Young Leadership Program: “Overseas Immersion Program in Korean Business & Industries Run SAP Visit” yang diadakan oleh Soldbridge International School of Business, Woosong University, South Korea, serta Runner Up Blog Article Competition “Mahasiswa Wirausaha sebagai Tujuan atau Sekedar Sambilan?”, yang diselenggarakan oleh UII.

Berbagai training yang diikutinya di bidang lingkungan, namun juga kompetisi yang ditekuninya pada bidang bisnis menjadi tonggak pengantar berdirinya usaha pertamanya pada bidang lingkungan, yaitu PT Environesia Global Saraya yang didirikan tahun 2016, sesaat setelah Ia menuntaskan gelar M.Sc di Magister Pengelolaan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada.

Saat ini Saprian juga tengah memperluas area pelayanan bisnis laboratorium lingkungannya, agar lebih dekat dengan masyarakat untuk memberikan pelayanan pengujian kualitas lingkungan yang terpercaya dan semakin mudah dijangkau, khususnya di tanah kelahirannya di Provinsi Riau.  “Pembukaan cabang di Pekanbaru Riau ini adalah bagian dari strategi kami untuk mendekatkan layanan kepada client kami di Sumatera. Sebagai laboratorium lingkungan terlengkap di Yogyakarta, kami bertekad untuk membawa standar kualitas dan inovasi yang sama ke Pekanbaru, sehingga kami dapat bekerjasama dengan industri sekitar untuk mencapai tujuan lingkungan dengan lebih efisien. Di sini, kami juga menyediakan layanan pengujian kualitas air, udara ambien, udara emisi, tanah, kebisingan, getaran, serta industrial hygiene.” ujar Ir. Saprian, S.T., M.Sc., M.T. Direktur PT Greenlab Indo Global yang merupakan putra asli Riau.

Selain dipercaya untuk mengerjakan proyek-proyek strategis nasional maupun proyek swasta multi nasional, beliau juga mendirikan dan aktif mengelola berbagai bisnis lainnya seperti, PT Rubiqa Tour International, yang bergerak di bidang jasa layanan perjalanan ibadah umroh dan haji, PT Bikin Indonesia Berdaya, yang bergerak di bidang manufaktur konveksi, PT Sanum Berkah Semesta, pemegang merk dagang DREAMPUFF yang telah mendapatkan berbagai penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).

Melalui berbagai bidang usaha yang didirikan dan dikelola tersebut, Saprian berkomitmen untuk menumbuhkan iklim berwirausaha di berbagai bidang dan area pelayanan, menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan baru yang didominasi oleh tim milenial dan generasi Z yang merupakan talenta-talenta terbaik di bidangnya.