SSO (Single Sign On)

SSO atau Akun tunggal adalah layanan akun UII  yang diberikan ke mahasiswa UII untuk mengakses beragam layanan sistem informasi di UII. Akun UII ini menggunakan username: NIM (Nomor Induk Mahasiswa).

Khusus bagi mahasiswa baru, informasi akun dan password silahkan dicek diemail personal yang digunakan untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru UII.

Panduan reset akun UII silakan ikuti panduannya di : Panduan SSO

Keterangan:

Apabila mengalami gagal login, Salah/Lupa Password silakan mengirimkan email ke : [email protected] atau WhatsApp ke IT Supports BSI UII (08124441414) dengan melampirkan Scan/ Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa UII).

Akses Internet Nirkabel (UIIConnect/Eduroam)

Layanan akses internet gratis (UIIConnect) melalui koneksi nirkabel (wifi) dapat diperoleh di seluruh kampus UII. Mahasiswa dapat mengaksesnya melalui beragam perangkat, seperti laptop dan gawai (gatget), dengan menggunakan akun resmi UII yang telah diberikan.

Eduroam (education roaming) adalah layanan roaming internasional bagi pengguna Internet di lingkungan perguruan tinggi dan lembaga riset. Koneksi eduroam memungkinkan dosen dan mahasiswa UII untuk mendapatkan akses internet yang aman ketika sedang berkunjung ke institusi lain di negara yang berpartisipasi dalam eduroam. Seluruh gedung kampus UII juga telah terhubung dengan layanan ini.

Akses Wi-Fi: UIIConnect/Eduroam
User Login: [email protected]
Password: Password Akun UII

Panduan untuk mengakses Wifi UII melalui : Panduan Koneksi Wifi UII

Video Panduan Akses Internet

E-mail

Sebagai mahasiswa UII, otomatis akan mendapatkan alamat email dengan nama [email protected]. Contoh: [email protected].  Selain untuk berkirim email, Anda akan mendapatkan beragam informasi, seperti pengumuman akademik, perkuliahan, atau tawaran beasiswa melalui alamat email UII.

Akses Panduan di :
1. FAQ Email UII
2. Cara Login Email UII
3. Setting Alias Email UII
4. Filter Email

Keterangan:

Apabila mengalami gagal login, Salah/Lupa Password silakan mengirimkan email ke : [email protected] atau WhatsApp ke IT Supports BSI UII (08124441414) dengan melampirkan Scan/ Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa UII).

UII Gateway

UII Gateway sebagai layanan sistem informasi terintegrasi bagi sivitas akademika UII. Berbagai informasi dan layanan akademik bagi mahasiswa bisa diakses disini. Saat ini anda sebagai mahasiswa UII akan mendapatkan layanan di UIIGateway yang berisi:

UIIAkademik

UIIRAS

UIITagihan

Google Classroom

Google Classroom merupakan aplikasi pembelajaran daring yang digunakan untuk mendukung aktivitas perkuliahan. File dokumen perkuliahan dan tugas yang diunggah oleh dosen dapat diakses mahasiswa melalui aplikasi ini. Google Classroom juga menyediakan ruang untuk berinteraksi dengan dosen dan seluruh mahasiswa di kelas secara daring.

Untuk mengakses Google Classroom dengan akun UII dapat melalui : Akses Google Classroom UII

Google Suite Education

Sejak awal 2016, UII sudah bekerjasama dengan Pihak Google untuk memanfaatkan Google Apps for Education. dalam layanan ini, terdapat beberapa aplikasi seperti Gmail untuk surat menyurat secara daring, Hangout untuk berkomunikasi singkat secara online, Groups untuk membuat komunitas skala besar besar, Calender sebagai pengingat, Drive untuk menyimpan data-data, serta Sites untuk membuat situs pribadi maupun kelompok. Untuk login ke dalam layanan Google Edu akun sudah menggunakan aturan Single Sign On, jadi satu akun sudah bisa untuk semua layanan teknologi informasi di lingkungan UII.

Informasi Aplikasi Google UII silakan di : Google Edu

SIMPUS (Sistem Informasi Perpustakaan UII)

Sebelum Anda datang ke gedung perpustakaan, cari tahu dulu apakah buku yang ingin Anda baca atau pinjam tersedia atau tidak. Lakukan melalui SIMPUS (sistem informasi perpustakaan) yang dapat diakses di simpus.uii.ac.id. Anda juga bisa membaca beberapa konten digital secara online.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Sirkulasi, Perpustakaan Universitas Islam Indonesia
Telp./Faks. (0274) 898444 ext 2315
E-mail: [email protected]

VPN UII

VPN adalah jaringan yang dibangun untuk menghubungkan pengguna jarak jauh  ke jaringan internal (pribadi) yang dimiliki oleh suatu organisasi. VPN mengamankan jaringan pribadi, menggunakan enkripsi, dan mekanisme keamanan lainnya untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses jaringan tersebut. Jenis jaringan ini dirancang untuk menyediakan saluran terenkripsi yang aman untuk mengirim data antara pengguna jarak jauh dan jaringan milik organisasi.

Dengan VPN UII, koneksi Anda akan dikenal sebagai koneksi internal UII, sehingga koneksi lebih aman dan lancar dalam mengakses fasilitas di UII.

Informasi detail penggunaan VPN UII melalui Virtual Private Network UII

UII Print

UIIPrint adalah layanan terbaru berbantuan teknologi informasi yang memungkinkan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan untuk melayani diri sendiri untuk mencetak (print), memindai (scan), dan memfotokopi (photocopy) dokumen.

UIIPrint tersedia di seluruh lingkungan kampus Universitas Islam Indonesia yang terkoneksi dengan layanan Unysis atau akun UII. Pengguna hanya perlu memasukkan username dan password akun UII tersebut untuk dapat login ke UIIPrint.

Pedoman penggunaan layanan UIIPrint dapat dilihat di Layanan UIIPrint

SIM Presensi

SIM Presensi mahasiswa digunakan untuk proses perkuliahan mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII. Melalui SIM Presensi ini mahasiswa dapat melakukan Presensi, Presensi Asinkron/Presensi Tugas, melihat rekap presensi, dan pengajuan ijin tidak hadir perkuliahan. Mahasiswa dapat mengakses melalui https://presensi.ftsp.uii.ac.id/

Video Panduan SIM Presensi untuk Mahasiswa FTSP

Layanan Divisi TI FTSP UII

Divisi Teknologi Informasi di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII memiliki tugas rutin dalam merencanakan dan mengkoordinasikan perawatan hardware serta pengelolaan jaringan intranet maupun internet.

Beberapa layanan dari Divisi TI untuk mahasiswa diantaranya:
1. Permasalahan Wifi (Eduroam, UIIConnect, UIIGuest) di Lingkungan FTSP UII
2. Permasalahan Mahasiswa mengakses SSO UII, Email UII, Zoom UII, UIIGateway
3. Kendala mengakses Sistem Informasi FTSP UII : SIM Presensi FTSP dan SIM NKMD FTSP UII

Pengajuan Layanan Mahasiswa melalui : Layanan Divisi TI Untuk Mahasiswa FTSP

Zoom Meeting

Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Di UII Zoom digunakan untuk mendukung proses kuliah dan meeting secara daring. Berikut ini panduan penggunaan aplikasi Zoom :

  1. Panduan login Zoom UII [video panduan]   [manual panduan]
  2. Panduan Penggunaan Zoom sebagai host[manual panduan]
  3. Panduan penggunaan Zoom sebagai peserta [video panduan[manual panduan]
  4. Panduan Report Participant Meeting [video panduan[manual panduan]

Layanan Lisensi Windows, Office, dan One Drive

UII memberikan layanan lisensi Windows dan Office 365 secara gratis untuk semua mahasiswa aktif.

Khusus untuk lisensi Office 365, mahasiswa dapat mengajukan dengan mengisi Form di uii.id/LisensiMicrosoft

Untuk tata cara mengaktifkan lisensi Office 365 silahkan ikuti panduan berikut [video panduan] [manual panduan]

Bagi Civitas Akademika UII yang telah mendapat lisensi Office 365, juga akan mendapatkan benefit lain yaitu layanan OneDrive. OneDrive adalah layanan Cloud Storage dari Microsoft yang dapat digunakan untuk menyimpan file-file data dan berbagi pakai dengan user OneDrive lainnya.

Panduan penggunaan OneDrive:
Manual OneDrive

Security Awareness

Kesadaran keamanan (security awareness) adalah pengetahuan dan sikap yang dimiliki individu atau civitas akademik mengenai perlindungan aset fisik dan informasi. Pentingnya memahami security awareness dikarenakan ketergantungan aktivitas pada IT sehingga tren ancaman cyber meningkat dan sebagai bentuk kontrol internal atau IT Audit

Prinsip Keamanan Informasi :

  • Confidentiality (Kerahasiaan) : menjamin data dan informasi hanya diakses oleh orang yang berhak.
  • Integrity (Integritas) : melindungi keaslian data dan informasi dari modifikasi yang tidak sah
  • Availability (Ketersediaan) : melindungi ketersediaan data dan informasi ,sehingga data dapat diakses pada saat dibutuhkan.

Penerapan Keamanan Informasi Pada PC/Laptop

  • Pastikan Sistem Operasi selalu update degan patch terbaru
  • Perangkat menggunakan antivirus dan signature versi terbaru
  • Aktifkan fiture lock pada komputer saat  ditinggalkan
  • Tidak menginstall sembarang aplikasi
  • Tidak sembarang menggunakan USB FD / HDD External
  • Backup berkala untuk data penting di cloud storage
  • Jika menggunakan wifi/internet public gunakan EduVPN

Informasi lengkap di : https://bsi.uii.ac.id/tag/security-awareness/