Rajut Kebersamaan, FTSP UII Adakan Family Gathering di Karimunjawa

Dalam rangka merajut kebersamaan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) adakan kegiatan Family Gathering, pada 4-7 Juli 2024 di Karimunjawa, Jawa Tengah yang diikuti oleh sekitar 120 peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan beserta keluarganya.

Rombongan berangkat dari Gedung Moh. Natsir kampus FTSP UII dengan menggunakan 3 bus menuju pelabuhan Kartini Jepara. Sesampai dipelabuhan, perjalanan dilanjutkan dengan penyeberangan ke pulau Karimunjawa menggunakan kapal Express Bahari. Perjalanan ditempuh dalam waktu 250 menit, dan langsung menuju hotel Java Paradise Resort sebagai tempat menginap.

Pada hari pertama peserta melakukan tour darat ke pantai Bobby, Bukit Love dan menyaksikan sunset di kawasan ikon Karimunjawa. Selanjutnya agenda hari kedua adalah tour laut dengan menggunakan 5 kapal menuju tempat penangkaran hiu dan snorkeling. Snorkeling adalah salah satu aktivitas wisata yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Karimunjawa. Destinasi wisata ini memang dikenal memiliki banyak spot indah di bawah laut yang bisa dijelajah.

Lokasi snorkeling pertama adalah Spot Nemo. Tampak dasar laut perairan dengan karangnya dari atas kapal dan ditempat ini peserta mulai memakai perlengkapan snorkeling, seperti sepatu katak, kacamata snorkel, dan pelampung. Bagi yang tidak bisa berenang, perlengkapan snorkeling sudah bisa dipakai untuk menyaksikan keindahan bawah laut. Bagi yang sudah bisa berenang, mereka boleh melepas pelampung untuk bisa sesekali menyelam untuk melihat terumbu karang lebih dekat.

Setelah snorkeling selesai, kapal melanjutkan perjalanan menuju salah satu pulau di Karimunjawa, yakni Pulau Cemara Besar. Di sini peserta makan siang dengan menu aneka ikan, udang, sambal, buah, dan sayuran. Ikan langsung dibakar di pulau itu, sehingga masih hangat. Usai makan, wisatawan bisa menikmati keindahan Pulau Cemara Besar dengan pasir pantai berwarna putih dan laut yang jernih dengan ombak tidak terlalu besar. Satu keunikan Pulau Cemara Besar adalah, terdapat hamparan pasir timbul di tengah perairan yang bisa digunakan untuk berfoto.

Di penghujung acara tour laut ditutup di pantai Ujung Gelam atau sering disebut juga pantai Tanjung Gelam. yang merupakan salah satu pantai terbaik di Karimunjawa. Lokasinya dipenuhi dengan keindahan yang begitu menakjubkan, hamparan pasir putih yang memenuhi pesisir yang bersih menambah keindahan pantai tersebut. Selain itu, ada pesona pantai tersebut yang juga sudah menjadi identitasnya, yakni pohon kelapa miring yang dijadikan objek berfoto ria. Sebagian peserta mengabadikan moment penting di pohon tersebut. Ada juga yang menyewa kano untuk sekedar berkeliling pantai. Bahkan ada juga yang naik banana boat dan jetski.

Selanjutnya pada malam harinya di lakukan kegiatan gathering di tepi Pantai kawasan hotel Java Paradise. Pada kesempatan tersebut berkenan memberikan sambutannya, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTSP UII, Dr. Ir. Kasam, MT. Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang turut hadir menyemarakkan kegiatan. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan rekreasi keluarga besar FTSP UII tersebut merupakan rangkaian program kerja fakultas yang sudah ditetapkan. “Saya berharap dari kegiatan ini kita dapat memperkuat rasa kekeluargaan, lebih solid dan tentunya menjalin tali silaturahim lebih erat,” ungkapnya