Dengan Virtual  FTSP UII Sambut 829 Mahasiswa Baru 2020

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan penyambutan mahasiswa baru pada Senin (21 September) dengan nama Pekan Orientasi dan Silaturrahmi Mahasiswa (PONDASI) FTSP UII 2020  mengusung  thema “Mengawali Mimpi di FTSP Unggul”. Kegiatan digelar secara daring  diikuti 761  mahasiswa dari jumlah mahasiswa baru 829 angkatan 2020. Jumlah ini terdiri dari 527 laki-laki 302 perempuan yang menyebar ke Program Studi Teknik Sipil 374 mahasiswa,  Program Studi Arsitektur 224 dan 231 mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan.  Jumlah mahasiswa termasuk mahasiswa Internasional Program (IP) Teknik Sipil 24, dan Internasional Program (IP) Arsitektur 40 mahasiswa.

Dekan FTSP UII, (Miftahul Fauziah, Ph.D)  dalam kuliah perdananya senyampaikan selamat bergabung bagi mahasiswa baru 2020 di Kampus Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan sembari menuturkan, menuntut ilmu di FTSP  mengedepankan nilai-nilai Islam disamping ilmu-ilmu pasti yang sesuai dengan Program Studinya. Dalam pelaksanaan program kerjanya FTSP sangat terbuka dalam penyusunan agenda kegiatan dan berupaya secara transparan dan dialogis. FTSP merupakan fakultas pertama yang seluruh program studinya sudah terakreditasi internasional/ unggul.

Diharapkan dengan Kuliah Perdana ini, mahasiswa baru mengenal lebih dalam berbagai aspek kehidupan di kampus khususnya FTSP, dan segera bisa menyesuaikan diri lancar dalam perkuliahan lulus tepat waktu dengan prestasi gemilang. Dengan kerja keras dan semangat dapat meraih mimpi menjadi unggul bersama FTSP. Ungkap Miftah.

Sebagai narasumber testimuni PONDASI adalah Faruq Ibnu Haqi ST., MURP (Alumni Teknik Sipil UII/ Dosen Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya), Ir.Novel Arsyad, MM (Alumni Teknik Sipil UII/ Direktur Utama PT.Pembangunan Perumahan), Shofi Latifah Nuha Alfarinsi (Mahasiswi Teknik mLingkungan FTSP UII/ mahasiswa berprestasi tingkat Universitas 2020).

Ir.Novel Arsyad, MM menjelaskan awal karir dari nol  dimulai dari staff lapangan hingga akhirnya menjadi Direktur Utama PT.Pembangunan Perumahan. Sementara untuk menghadapi industry 5.0 yang dituntut adalah teknologi atau digitalisasi dan cara mengoleksi  bidang data.

Ia berpendapat, dimasa pandemik yang paling kuat adalah yang bergerak dengan teknologi. Setelah menyelesaian formal learning di kampus, mahasiswa tidak lagi banyak menghadapi formal learning di perusahaan. Fase berikutnya yang ditemui di dunia kerja adalah experieencial (70%) dan cocial learning (20%).

Membangun integritas sejak awal bahkan sampai duduk di bangku kuliah merupakan kunci penting, dengan integritas yang kuat intelgence dan anergi akan muncul dengan baik . Alumnus Teknik Sipil UII tahun delapan puluhan ini mementa, jadilah seorang pemimpin yang bisa memberikan kekuatan kepada yang lain untuk bisa menciptakan orang orang punya kapasitas yang lebih bagus lagi. Pinta Novel Arsyad.

Sementara Faruq Ibnu Haqi ST., MURP dalam talkshownya Yakinlah bahwa pilihan kuliah di FTSP UII adalah jalan yang benar, jangan berpikir ketika masih berproses (masa kuliah) terasa berat tetapi harus dinikmati sebagai jalan untuk meraih mimpi. Yakinlah bahwa saya bisa melewati segala proses dan bisa mencapai yang diinginkan, dan yang lebih penting lagi jangan lupa sholat atau beribadah.

Sedangkan Shofi Latifah Nuha Alfarinsi berpesan kepada adik-adik mahasiswa berani bermimpi besar jangan hanya berrmimpi kecil, bekerja keraslah dan banyak mencoba meskipun banyak kegagalan, karena setiap kegagalan ada pelajaran yang dipetik. Dan jangan lupa bertawakallah kepada Allah SWT.