DUA TIM TEKNIK SIPIL UII SANDINGKAN GELAR JUARA 1 DAN JUARA 2 PADA “BIM TEKLA COMPETITION POLBAN CIVIL EXPO 2024”

Hasil menggembirakan diraih dua tim Teknik Sipil UII (PILAR UII 3 dan PILAR UII 2) pada BIM Tekla Competition Polban Civil Expo 2024. Kompetisi ketekniksipilan yang diikuti civilian seluruh Indonesia ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung dengan mengangkat tema “BIM Competition for Efficient Design and Construction of Simple Building”.

Setelah melalui beberapa tahapan (9 Juni – 14 Juli 2024), Penilaian yang dilakukan oleh Juri Fauzan Saidal, S.T. selaku Technical Consultan dari Trimble Solution Indonesia dan dua Juri lain dari Politeknik Negeri Bandung menghasilkan keputusan Juara 1 (PILAR UII 3), Juara 2 (PILAR UII 2) dan Juara 3 (Nexus Politeknik Negeri Ujung Pandang).

Tim PILAR UII 3 yang beranggotakan Luthfi Fitri Pramudya (20511268), Farhan Habibi (22511157), Tabah Bandematarem (22511168) dan Dwi Ashari Hidayat (22511135) dengan karya bangunan berjudul “The Arthadipa’s Convention Center”. Berasal dari “Artha” dan “Dipa”. Artha berarti Makna, Tujuan, atau Nilai. Ini mencerminkan bahwa bangunan ini memiliki fungsi yang signifikan dan nilai yang mendalam, baik dari segi fungsi maupun simbolis. Dipa berarti Cahaya atau Obor. Ini melambangkan pencerahan, pengetahuan, dan panduan.

Sedangkan PILAR UII 2 yang beranggotakan Bibit Santoso (20511194), M Rafi Alamsyah (23511039), Daffa Kurnianda (22511061) dan Delfi Aiswara Annisa (1951165) mengangkat tema “Semar Convention Hall”. Semar, tokoh sentral dalam pewayangan jawa merupakan pemimpin di antara tokoh lainnya. Alasan memilih semar sebagai filosofi desain struktur adalah karena Stabilitas dan Ketahanan (Kerangka Struktur Utama), Kerendahan Hati dan Keterbukaan (Ruang Inklusif) dan Simplicity and Functionality in structural design.

Dosen pembimbing kedua tim ini digawangi oleh dosen-dosen muda Jurusan Teknik Sipil FTSP UII terdiri dari Ir. Vendie Abma, S.T., M.T., IPM., Jafar, S.T., M.T., MURP. dan Tri Nugroho Sulistyantoro, S.T., M.T.

Ir. Fitri NugraheniS, S.T., M.T., Ph.D., IPM. selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FTSP UII memberikan apresiasi  sebesar-besarnya atas capaian ini. “Di tangan yang tepat, maka semua orang bisa menjadi juara. Selamat atas kemenangan tim PILAR UII 3 (juara 1) dan PILAR UII 2 (juara 2) pada BIM TEKLA COMPETITION POLBAN CIVIL EXPO 2024. Selamat juga pada Program Studi Teknik Sipil FTSP UII atas capaian yang membanggakan ini. Barakalllah, Semoga Allah meridhai UII”.