FTSP UII Kolaborasi dengan Technical University of Munich Jerman

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) menerima delegasi Technical University of Munich (TUM) Jerman pada 17 Syawal 1445 H/26 April 2024 bertempat di ruang IRC Gedung Moh. Natsir Kampus FTSP UII. Pertemuan tersebut untuk membahas peluang kolaborasi pendidikan dan penelitian, serta sosialisasi beasiswa TUM untuk program master.

Prof. Dr.-Ing. Ar. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI., Dekan FTSP UII menyambut baik potensi kerjasama dengan TUM. Beliau berharap kolaborasi yang sedang di bangun tersebut dapat memberikan benefit untuk kedua belah pihak, dan menjadi peluang baru untuk mahasiswa dan peneliti untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek inovatif dan penelitian bersama. “Kami sangat terbuka lebar jika kedepannya TUM dapat menjadi mitra baru kami,” tuturnya.

Sementara itu, Dr.-Ing. Ali Bawono, PMP, Senior Researcher and Lecturer, Faculty of Rail, Transport, & Logistics TUM Asia pada kesempatan tersebut merasa bangga karena telah disambut dengan hangat. Ia berharap momen tersebut menjadi langkah awal untuk mempererat jalinan kolaborasi antara kedua institusi baik dalam bidang pendidikan maupun penelitian.

Dalam kesempatan tersebut, Dr.-Ing. Ali Bawono, PMP juga menjelaskan terkait beasiswa S2 yang tersedia di TUM untuk program studi Rail, Transports and Logistics; Aerospace Engineering; Green Electronics; Integrated Circuit Design; dan Industrial Chemistry. Menurutnya, salah satu keunggulan yang dimiliki TUM ialah alumninya cukup mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus. “Sudah banyak alumni yang saat ini bekerja di perusahaan internasional maupun di multinasional, tidak hanya di Eropa, namun juga di Singapura dan dibeberapa negara lainnya,” ungkap Ali Bawono.

Technical University of Munich (TUM), didirikan pada tahun 1868, terkenal sebagai salah satu universitas teknik terbaik di Eropa. TUM dinobatkan sebagai kampus terbaik di german berdasarkan QS World University Ranking 2024. Dengan moto “Talents Are Our Assets, Reputation Is Our Return“, TUM juga menempati peringkat ke-13 dalam Global University Employability menurut THE World University Ranking 2023. TUM dikenal sebagai universitas kewirausahaan yang melahirkan bakat dan menciptakan nilai bagi masyarakat melalui jaringan mitra dalam penelitian dan industri.

Selain itu, TUM merupakan salah satu universitas riset terkemuka di Eropa, dimana beberapa peraih nobel telah melakukan penelitian di kampus tersebut. TUM memiliki berbagai lokasi kampus, Munich, Garching, Weihenstephan, Straubing, Heilbronn, dan sebuah kampus di Singapura – TUM Asia, dengan 15 fakultas, 6 pusat penelitian integratif, 33.960 mahasiswa dan 837 staf pengajar.