Jepang Tawarkan FTSP UII Pasang Alat Deteksi Gempa Tercanggih

{mosimage}Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII)   terus menunjukkan komitmennya bersama Univrsitas menuju World Class University dengan memperkuat kerjasama berbagai Perguruan Tinggi Internasional. Sepertihalnya Rabu siang (23 Maret) bertempat di Ruang Sidang Magister Teknik Sipil Gedung Mohammad Natsir FTSP UII Jl.Kaliurang Km.14,5 FTSP UII menerima kunjungan  kerjasama  dari Kyoto, Jepang.

Beberapa delegasi dari Kyoto  Jepang  dipimpin oleh   Prof. Kazuo Sasaki, disambut oleh  Dekan FTSP UII (Dr.-Ing.Ir.Widodo, M.SC), Pakar Gempa Indonesia yang sekaligus Ketua Program Magister Teknik Sipil PMTSP UII (Prof.Ir.Sarwidi, MSCE.,Ph.D.,I-PU; Prof.Ir.Widodo, M.Sc., Ph.D,; Danang Samsurizal Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY,  Dr.Micah Fisher dari  University of Hawaii at Manoa (UHM) AS dan Sri Aminatun, ST., MT (Dosen Teknik Sipil).

Delegasi dari Jepang berkunjung langsung ke FTSP  UII guna mempresentasikan alat deteksi gempa tercanggih  di Negara Jepang didepan hadirin. Sesuai dengan pemaparannya Jepang menawarkan diri kepada FTSP UII untuk memasang sebuah alat deteksi gempa tersebut di FTSP UII. Menurut rencana alat ini akan dipasang sebanyak 100 (seratus) titik yang tersebar di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Atas penawaran tersebut  FTSP UII dengan senang hati menerimanya, begitu pula pakar gempa  Prof.Ir.Sarwidi, MSCE., Ph.D., I-PU,   Prof.Ir.Widodo, M.Sc., Ph.D,  Danang Samsurizal Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyambut dengan baik dan positip. Tindaklanjut  kerjasama ini terwujud sebagaimana kerjasama dalam penanggulangan bencana saat terjadi bencana gempa bumi di Bantul DIY  sepuluh tahun silam (tahun 2006).