Peringati Hari Air 2016 HMTL FTSP UII Susuri Sungai Kuning

Akhir akhir ini kita seakan semakin kehilangan rasa peduli terhadap lingkungan. Terbukti banyaknya kerusakan dan pencemaran lingkungan di sekitar yang disebabkan oleh perilaku kita sendiri sebagai manusia. Salah satunya karena tidak terkendali pembuangan sampah di sungai secara terus menerus seakan akan membudaya  dimasyarakat dengan begitu saja tanpa sadar akan dampak dari pencemaran. Air merupakan sumber kehidupan makhluk hidup di bumi dan sebagai indikator kualitas kehidupan, diharapkan akan kesadaran kita menjaga lingkungan sungai supaya tetap bersih serta menggunakan air sesuai dengan fungsinya. Dengan demikian ketersediaan air tetap bisa dinikmati khalayak masyarakat sepanjang zaman sampai generasi mendatang.

Mengingat akan kesadaran itu Departemen Pengabdian Masyarakat (DPM) Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL)  Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) hari ini  Rabu (23 Maret) mengadakan susur sungai kali kuning di Jl.Raya Tajem Wedomartani Sleman Yogyakarta. Susur sungai kali kuning ini dilakukan bertepatan dengan peringatan hari air 23 Maret.

Menyusuri kali kuning dengan maksud meningkatkan kepedulian masyarakat termasuk didalamnya mahasiswa terhadap lingkungan sekitar, mengurangi sampah di lingkungan sekitar sungai, menjaga kelestarian air dan ketersediaan air, serta mengajak masyarakat guna membudayakan buang sampah pada tempatnya. Dengan  hari air 2016 kita manfaatkan “setetes air untuk kehidupan”.