Raker FTSP UII Targetkan Penguatan Nilai, Menjulangkan Inovasi dan Melebatkan Manfaat

Akhir September tahun ini, Raker (Rapat Kerja)  ditingkat Universitas telah dilaksanakan sebagai bahan refleksi 4 (empat) tahun kepemimpinan serta media pembahasan rencana pengembangan program ke depan. Banyak yang menjadi bagian dari Rencana Strategis yang ditetapkan, perlu diketahui tidak mudah untuk dilaksanakan. Beragam tantangan telah secara nyata dihadapi dan masih akan banyak lagi yang perlu di  perbaiki. Hal ini menunjukkan bahwa komitmen kita bersama dalam mewujudkan cita-cita Universitas sebagai rahmatan lil ‘alamin.

Demikianlah kata sambutan Wakil Rektor IV Universitas Islam Indonesia (UII) Ir. Wiryono Raharjo,Ph.D   dalam Rapat Kerja (Raker) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII Jum’at  (5 Oktober) di Edilwess Meeting Room The Rich Jogja Hotel Jl.Magelang Km.6 Nomor 18,Yogyakarta.

Wakil Rektor  IV UII dalam menyampaikan arahannya mengatakan, secara umum Universitas Islam Indonesia (UII) mempunyai arah kedepan mengggunakan system Digitalisasi. Dengan tema Digitalisasi Universitas, Menguatkan Nilai, Menjulangkan Inovasi, Melebatkan Manfaat. Rencana Strategis yang pertama adalah penguatan nilai dasar ke-Islaman dan pengembangan kapasitas internal. Sedangkan Rencana Strategis yang kedua adalah menjulangkan inovasi berkelanjutan untuk membangun rekognisi internasional, serta melebatkan manfaat melalui perluasan jangkauan jejaring dan peningkatan dampak dalam Rencana Strategis ketiganya.

Wakil Rektor IV UII menambahkan dalam arahannya bahwa, hal tersebut terangkum dalam Recana Strategis (Renstra) UII 2018-2022 yang kemudian dibingkai dalam sebuah tema “Gigitalisasi Universitas “. Oleh karena itu masing-masing Fakultas untuk tetap menjadikan Renstra Universitas sebagai dasar dalam membentuk dan menjalankan program-program itu.  Ungkapnya.

Rapat Kerja yang dihadiri oleh  Wakil Rektor IV UII (Ir. Wiryono Raharjo, Ph.D), Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah,  Ph.D), Wakil Dekan 1 FTSP UII (Dr.Ir. Kasam, MT), Wakil Dekan 2 FTSP UII (Dr.Ir.Revianto B.Santosa, M.Arch) seluruh Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekreratis Program Studi  dilingkungan FTSP UII, dewan dosen FTSP UII dan para Kepala Divisi di lingkungan FTSP UII.

Sementara Dekan FTSP UII (Miftahul Fauziah, Ph.D), menyampaikan usulan program kerja dan sasaran strategis FTSP UII empat tahun mendatang. Penguatan nilai nilai dasar ke-Islaman dan pengembangan kapasitas internal, menjulangkan inovasi berkelanjutan, serta melebatkan manfaat melalui perluasan jangkauan jejaring.

Dekan FTSP UII menambahkan, FTSP UII yang saat ini memiliki kekuatan penjaminan mutu yang handal, ketiga Prodi Sarjana sudah teraktreditasi internasional, kiprah alumni telah diakui oleh masyarakat, memiliki keunggulan lokal genius dan aniqueness berupa keislaman pengembangan pemukiman dan infrastruktur yang cerdas lestari dan tanggap bencana, sarana prasarana pendidikan yang baik, bahkan memiliki laboratorium yang telah bersertifikasi internasional, namun FTSP juga masih memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan yang harus kita tangani secara serius, misalnya belum meratanya riset dan publikasi, implementasi nilai keislaman belum merata, dan belum optimalnya pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) untuk penjaminan mutu pendidikan publikasi dan tata kelola organisasi.

Kami berharap Rapat Kerja ini berjalan dengan baik dan lancar dapat menelorkan hasil yang maximal dalam memecahkan beberapa kelemahan dan menutup kekurangan yang ada. Pintanya.

Rapat kerja 2 (dua) hari Jum’at dan Sabtu (5 dan 6 Oktober) terbagi menjadi 3 (tiga) komisi. Komisi 1 membahas menguatkan nilai, Penguatan nilai dasar keislaman dan pengembangan kapasitas internal. Komisi 2 membahas  menjulangkan inovasi, mendorong inovasi berkelanjutan, serta komisi 3 membahas melebatkan manfaat, melalui perluasan jangkauan jejaring dan peningkatan dampak ((Akselerasi implementasi dan smart actualization pendidikan berbasis capaian (outcome based education) dan Akselerasi pengembangan jangkauan institusional (institutinal outreach) dan dakwah islamiyah)).