Tim PILAR UII 1 Raih Juara 3 Pada Kompetisi Konstruksi Ramping K2R NEO 2.0 FTSL ITB

Tim PILAR UII 1 dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) berhasil meraih prestasi membanggakan dengan meraih Juara 3 pada ajang Kompetisi Konstruksi Ramping (K2R NEO 2.0) yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) Institut Teknologi Bandung (ITB). Kompetisi bergengsi ini berlangsung pada 5 Oktober 2024 di GOR Futsal ITB Kampus Jatinangor dan melibatkan berbagai tim mahasiswa dan praktisi konstruksi dari seluruh Indonesia.

Kompetisi Konstruksi Ramping (K2R NEO 2.0) adalah simulasi pelaksanaan proyek konstruksi dengan pendekatan Last Planner System (LPS). LPS merupakan metode konstruksi yang berfokus pada perencanaan kolaboratif dengan melibatkan berbagai tahapan seperti Collaborative Pull Planning, MakeReady, Production Evaluation and Planning, serta Production Management. Dalam perlombaan ini, peserta diuji dalam kemampuan mereka menerapkan konsep konstruksi ramping melalui permainan lego sebagai media simulasi.

Baca Juga : Dua Tim Teknik Sipil UII Sandingkan Gelar Juara 1 dan 2 Pada “BIM Tekla Competition Polban Civil Expo 2024”

Anggota Tim PILAR UII 1 merupakan kolaborasi tiga jurusan FTSP UII yang terdiri dari Aditia Ilham Pratama (S2 Teknik Sipil); Muhammad Rifqi Septiono (S1 Teknik Sipil); Lenia Cucu Radaluti (S1 Teknik Sipil); Jovita Monika Nuraini Wursito (S1 Teknik Sipil); Mohamad Akbar Maulana (S1 Arsitektur); Muhammad Taufiq Wardana (S1 Arsitektur); Uzlifa Jannata (S1 Teknik Lingkungan).

Tim ini juga didampingi oleh dosen muda tiga jurusan di FTSP UII diantaranya Tri Nugroho Sulistyantoro, S.T., M.T. (Ketua); Rizki Budiman, S.T., M.T. (Sekretaris); Vendi Abma, S.T., M.T. (Koordinator Teknik Sipil); Aryo Akbar Aldiansyah, S.T., M.Arch. (Koordinator Arsitektur); Ikrom Mustofa, S.Si., M.Sc. (Koordinator Teknik Lingkungan).

Setelah melalui berbagai tahapan lomba menghasilkan Juara 1 Fix It Geno – UNIKA Soegijapranata, Juara 2 Dipo Lean Manifesto – Universitas Diponegoro dan Juara 3 PILAR UII 1 – Universitas Islam Indonesia.

Ketua tim, Tri Nugroho Sulistyantoro menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas capaian tersebut. “Kami sangat bersyukur dan bangga dapat meraih juara 3 di Kompetisi Konstruksi Ramping NEO 2.0 ini. Pengalaman ini menjadi pembelajaran berharga bagi kami, di mana kami dapat menerapkan konsep konstruksi ramping dalam situasi kompetitif. Kami juga ingin berterima kasih kepada dosen pembimbing, teman-teman, dan seluruh pihak yang mendukung tim PILAR UII 1. Kemenangan ini adalah hasil kerja keras dan kolaborasi antar disiplin ilmu yang ada di Jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, dan Teknik Lingkungan,” tuturnya.

Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa UII lainnya untuk terus berinovasi dan mengharumkan nama universitas di kancah nasional maupun internasional.